Fasilitas dan Daya Tarik Terhadap Kunjungan Wisata Di Pantai Hamadi

  • Dany Melmambessy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Fitriani Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
Keywords: Fasilitas, daya tarik dan kunjungan wisata

Abstract

Pengaruh Pengaruh Fasilitas Dan Daya Tarik Terhadap Kunjungan Wisata Di Pantai Hamadi Kota Jayapura. Penelitian ini bertujuan ini adalah 1) Untuk pengaruh fasilitas dan daya tarik secara parsial terhadap kunjungan wisata di Pantai Hamadi Kota Jayapura. 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan daya tarik secara silmultan terhadap kunjungan wisata di Pantai Hamadi Kota Jayapura.

Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kuantitiatif, dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisata di pantai Hamadi Kota Jayapura. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang meunjukkan bahwa t h hitun > t tabel (3,923 > 1,660) dan tingkat signifikannya t sign < α (0,000 < 0,05). Daya tarik secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kunjungan wisata di Pantai Hamadi Kota Jayapura. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitun > t tabel (3,334 > 1,660) dengan tingkat signifikan t sign < α (0,001 < 0,05). Fasilitas dan daya tarik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisata di Pantai Hmadi Kota Jayapura. Hal ini dbuktikan dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nila F hitun > F tabel (65,410 > 2,76) dengan tingkat signifikannya F sign < α (0,000  0,05)

References

A.Yoeti Oka, 2005. Perencanaan strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

[2] Avenzora, Ricky. 2008. Ekoturisme – Teori dan Praktek. BRR NAD-NIAS. Nias.

[3] Fandy, Tjptono. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi. Yogyakarta.

[4] Fandy, Tjptono. 2011. Service Maangement Mewujudkan Layana Prima. Edisi 2. Andi. Yogakarta.

[5] Fandiy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta.

[6] Ginting, Paham 2005. Pemasaran Pariwisata. Penerbit USU Pres Medan.

[7] Hamid, E. A. C. 2006. Dasar-dasar Pengetahuan Pariwisata. Penerbit USU Pres Medan.

[8] Kozak, M dan Decrop, A. 2009. Handbook of Tourist Behavior Theory and Practice. UK: Roudletge.

[9] Lupiyadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Salemba Emapt Jakarta.

[10] Muljadi 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan. PT. Rajagrafindo Persada Jakarta.

[11] Reisinger, Yvtta. 2009. International Turism: Cultures and Behavior. Oxford: Elsevier Ltd.

[12] Soekadijo, 2007. Anatomi Pariwisata. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

[13] Suryo Subroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

[14] Wiwoho , 2007. Pariwisata Citra dan Manfaatnya. PT. Bina Rena Prawira. Jakarta.

[15] Zakiah Daradjat. 2012. Fasilitas transportasi Konsumen. CV. Alabeta. Bandung

Sumber dari Skripsi dan Tesis;

[1] Benny Irvan. 2019. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Wisata Bukit Bunda Kabupaten Blitar. Skripsi jurusan EkonomiSyariah FEB-Institut Agama Islam Negeri tulang Agung.

[2] Dwityanti, E. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi minat Beli Konsumn terhadap Layanan Internet Bangking Mandiri (Studi kasus pada Karyawan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta). Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

[3] Gautama O. 2011. Evaluasi Perkembangan Wisata Bahari di Pantai Sanur. Tesis Universitas Udayana Denoasar Bali.

Sumber dari Jurnal;

Putra, Agus Muriawan. 2006. Konsep Desa Wisata. Jurnal Maanjemen Pariwisata Vol. 5 No.1.

Hariadi, Doni. 2013. Pengaruh Produk, Harga dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projektor Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Sekolah Tinggi IlmU Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Faradisa, Isti, Leonardo Budi H dan Maria Minarsih. 2016. Analisis Pengaruh Variasi produk, Fasilitas, dan Kualias Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffesip Semarang. Jurna of Management Vol.2. No.2.

Sumber dari Undang-Undang;

[1] Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
Published
2023-05-13