Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan dan Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Kas Waena
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas layanan internet banking dilihat dari dimensi keamanan, Tambahan biaya, kemampuan akses, kondisi fasilitas, berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Kas Waena baik yang dilakukan secara parsial, maupun secara simultan, dengan menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel keamanan mempunyai pengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah, dengan kata lain variabel tersebut telah mampu menunjukkan kemampuan bank dalam memberikan pelayanan yang telahdijanjikan dengan aman, akurat serta memuaskan nasabahnya. 2) variabel tambahan biaya mempunyai pengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah, dengan kata lain variabel tersebut tidak membuat nasabah merasa berat untuk membayar biaya tambahan dalam menggunakan layanan internet banking yang disediakan oleh perbankan dalam hal ini PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor kas Waena. 3) variabel kemampuan akses mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan kata lain variabel tersebut telah mampu menunjukkan bahwa para nasabah memiliki kemampuan untuk mengakses layanan internet banking dengan baik khususnya pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor kas Waena. 4) variabel kondisi fasilitasmempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan kata lain kondisi fasilitas yang ditawarkan oleh perbankan mampu memberikan kepuasan bagi para nasabah untuk menggunakan layanan internet banking yang disediakan oleh perbankan dalam hal ini pada PT. Bank Negara Indonesia (Perseroa) Tbk. Kantor kas Waena. 5) Secara simultan, variabel kualitas layanan internet banking mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. dengan kata lain bahwa semakin tinggi kualitas layanan internet banking maka akan meningkatkan kepuasan nasabah dalam menggunakan produk layanan internet banking.
References
[1] Anderson, 1994. Fungsional Attributes of Biodiversity in landuse System: In D.J. Greenland and I. Szabolcs (eds). Soil Resiliense and Sustainable land Use. CAB International. Oxon.
Sumber dari Buku :
[2] Anatan Lina dan Ellitan Lena, 2008. Supply Chain Management Teori dan Aplikasi: Edisi kesatu. 2008. Bandung: Alfabeta.
[3] Bank Indonesia. 1998. UU No.10 tahun 1998, Tentang Perubahan Terhadap UU No. 7 tahun 1992, Jakarta
[4] Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
[5] Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta
[6] Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 13. Jilid 1.Erlangga : Jakarta.
[7] Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa. edisi 7. Erlangga: Jakarta
[8] Peraturan Bank Indonesia Nomor: 9/8/PBI/2007 tanggal 13 Juni 2007 Tentang Pemanfaatan Tenaga Kerja Asing dan Program Alih Pengetahuan di Sektor Perbankan.
[9] Peraturan Bank Indonesia Nomor: 9/8/PBI/2007 tanggal 13 Juni 2007 Tentang Pemanfaatan Tenaga Kerja Asing dan Program Alih Pengetahuan di Sektor Perbankan.
[10] Riswandi, 2003 : Ilmu komunikasi. Jakarta : Graha Ilmu
[11] Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 230,243
[12] Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Ofset
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial and Faculty of Ekonomi, Musamus University as publisher of the journal.



