Biaya,Pendapatan dan R/C Ratio Penjualan Buah dan Sayur

  • Marthen Adrian Nahumury
  • Fenti Y Manuhutu universitas Musamus
  • Esy D Lewaherilla universitas Musamus
Keywords: Biaya, Pendapatan,R/C Ratio,Penjualan Buah dan Sayur

Abstract

Pasar Baru merupakan  pasar  tradisional  yang  berada kota Merauke, dimana pasar tersebut banyak menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari, seperti buah, sayur dan kebutuhan pokok lainya, yang tentunya harga juga lebih murah. Penjual buah dan sayur di pasar baru Merauke  tersebar dari berbagai etnis yang berjualan di pasar, namun tidak semua ibu-ibu asli Papua yang berjualan  di pasar tersebut, hal ini disebabkan karena keterbatasan modal, pengetahuan berbisnis yang belum baik. Penelitian tentang isu ini semakin meningkat, terutama dalam analisis biaya, pendapatan dan R/C Ratio penjualan buah dan sayur.Penelitian ini berfokus pada hasil pendapatan yang di terima oleh ibu-ibu papua yang berjualan buah dan sayur. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder, objek penelitian di pasar baru Merauke dengan sampel 10 pedagang  buah dan sayur. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi,wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penjualan buah dan sayur oleh  Ibu-ibu Papua di pasar Baru Merauke mengalami keuntungan, dibuktikan dengan rata-rata pendapatan  yang diterima sebesar Rp.157.700 serta  (R/C) ratio penjualan sebesar 1,36

References

[1] B. Aryani, “Peran Perempuan Dalam Membantu Ekonomi Keluarga Di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat,” Universitas Islam Negeri Raden Intan.Lampung, 2017.
[2] N. Q. Anggriana, R. and B. Santoso, “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online ‘Om-Jek’ Jember,” J. Sains Manaj. dan Bisnis Indones., 2017.
[3] H. Waluyo and H. Dini, Kamus Terbaru Ekonomi & Bisnis. surabaya: Reality Publisher, 2011.
[4] I. Aliyah, “Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar Dalam Kontelasi Kota,” 2020.
[5] Lukito and Y. Nurliani, Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional Melalui Pendekatan Dsain dan Interaksi Pengguna Ruang. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.
[6] N. Ayu and Dkk, “Penerapan Metode Vaks (Visual, Auditory, Kinestethic, Sugestopedia) Jurnal untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Materi Memerankan Tokoh Drama,” J. Pena Ilm., 2017.
[7] R. Irawati and E. B. W. Hardiastuti, “Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Proses Pembelian Bahan Baku, Proses Produksi dan Pengemasan pada Industri Jasa Boga (Studi Kasus pada PT. KSM Catering & Bakery Batam),” J. Akuntansi, Ekon. Dan Manaj. Bisnis, vol. 4, p. 2, 2016.
[8] R. H. Delima and N. Khoiroh, “Analisa Maksimum Produksi dalam Pemenuhan Kebutuhan Konsumen Serta Perhitungan Laba Usaha Pada Industri Batu Bata Usaha Baru Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian,” 2020.
[9] A. Silaban and H. Siallagan, “Teori Akuntansi,” Edisi kedu., medan, 2012.
[10] G. N. Mankiw, Principles Of Economics (Pengantar Ekonomi Mikro). Jakarta: SALEMBA EMPAT, 2011.
[11] Harnanto, Dasar Dasar Akuntansi (2nd ed.). Yogyakarta: Andi, 2019.
[12] A. Purwaji and Dkk, Akuntansi Biaya Edisi Dua. Jakarta: SALEMBA EMPAT, 2018.
[13] M. Subri, Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Konteks pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.
[14] K. Suratiyah, Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta, 2015.
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.
Published
2024-05-08