Penerapan Aspek Pelayanan Pada Birokrasi Publik

  • Muhammad Nasir Universitas Halu Oleo
Keywords: penerapan, aspek, pelayanan

Abstract

Adapun tujuan  untuk mengetahui aspek pelayanan pada birokrasi di Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. Pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat  tidak maksimal. Populasi seluruh masyarakat yang pernah dilayani selama 6 bulan terakhir sebanyak 460 orang. Populasi relatif banyak maka jumlah sampel diambil sebanyak 10 % sebanyak 46 orang selanjutnya ditetapkan informan yaitu Lurah Rahandouna. Riset menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai aspek pelayanan kecepatan pelayanan selalu diusahakan dengan cepat pada hari yang sama namun ada beberapa yang tertunda tapi selalu diusahan untuk diselesaiakn sehingga dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan masyarakat tidak perlu waktu yang begitu lama. Aspek kemudahan pelayanan selalu menyelesaikan  pelayanan tanpa adanya adanya kendala, lancar sehingga pelayanan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku sebagai pertanggungjawaban dan menjadi pedoman  kerja dalam pemberian berbagai bentuk pelayanan. Aspek keadilan  pelayanan berupaya memberikan pelayanan yang sama dan merata kepada masyarakat di bidang administrasi dimana prinsip keadilan dan persamaan hak bagi semua orang dalam masyarakat selalu diterapkan tanpa harus memandang status dan golongan masyarakat.

Published
2024-03-02
How to Cite
Nasir, M. (2024). Penerapan Aspek Pelayanan Pada Birokrasi Publik. Musamus Journal of Public Administration, 6(2), 727 - 734. https://doi.org/10.35724/mjpa.v6i2.1807