Inovasi Pelayanan Publik Salam Sapa Ke Pintu Rumah Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Kabupaten Pesisir Selatan dengan daerah yang sangat panjang membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan akses pelayanan yang efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2017 mendirikan Unit Kerja Layanan di setiap kecamatan dan diikuti dengan diluncurkannya inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah (Sistem Administrasi Pelayanan Masyarakat Sampai Ke Pintu Rumah) pada tahun 2018. Inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah terdiri dari beberapa layanan, salah satunya yaitu “layanan Pass Nikah†dimana layanan ini ditujukan untuk pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah (Layanan Pass Nikah) merupakan suatu terobosan yang sangat baik dalam memudahkan masyarakat yang baru saja melangsungkan pernikahan untuk mendapatkan dokumen kependudukan dengan status yang baru selain itu juga memberikan keuntungan untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu sendiri dalam percepatan update data. Dalam pelaksanaan Layanan Pass Nikah terdapat kerumitan apabila ada masyarakat yang salah satu pasangannya tidak berada pada satu kecamatan selain itu juga terdapat kendala seperti kurangnya SDM dan jaringan yang bermasalah sehingga dapat menghambat jalannya layanan pass nikah.