Efektifiktas Penilaian Kinerja Pegawai Sektor Publik di Indonesia

  • Ismail Nurdin Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Fesal Musaad Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Yunita Mustika Putri Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Dyan Airlangga Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: efektifitas, kinerja pegawai, pengukuran kinerja, sektor publik

Abstract

Penilaian kinerja pegawai di sektor publik adalah elemen penting dalam pengelolaan sumber daya manusia. Tujuannya adalah mengukur pencapaian target kerja dan memberikan umpan balik konstruktif untuk meningkatkan kinerja individu dan organisasi. Namun, penilaian kinerja di sektor publik memiliki tantangan pengukuran objektif dan bias penilai. Untuk mengatasi ini, diperlukan perencanaan yang matang, kolaborasi, kompetensi penilai, dan penggunaan instrumen yang tepat. Dasar hukum yang relevan meliputi undang-undang dan peraturan pemerintah. Metodologi Literature Review digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam konteks penilaian kinerja pegawai di sektor publik, terdapat beberapa masalah yang sering dihadapi, antara lain subjektivitas dan bias penilai, ketidakjelasan standar dan kriteria penilaian, pengukuran kinerja yang tidak memadai, kurangnya umpan balik dan pembinaan, serta kurangnya keterlibatan dan kepuasan pegawai. Berdasarkan analisis temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah yang paling mendekati teori adalah kurangnya umpan balik dan pembinaan. Temuan menunjukkan bahwa umpan balik yang konstruktif dan pembinaan yang efektif sangat penting dalam penilaian kinerja pegawai di sektor publik. Masalah ini memiliki kesesuaian tertinggi dengan temuan dalam tinjauan pustaka.

References

Aulia, F., & Ikhbar, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Penerapan Akuntansi Sektor Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Serambi Konstruktivis, 4(2), 64-73.
Behn, R.D. (2003), Why Measure Performance? Different Purposes Require Different Measures. Public Administration Review, 63: 586-606. https://doi.org/10.1111/1540-6210.00322
Boyne, G.A. and Walker, R.M. (2010), Strategic Management and Public Service Performance: The Way Ahead. Public Administration Review, 70: s185-s192. https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2010.02271.x
Dziopa, F., & Ahern, K. (2011). A systematic literature review of the applications of Q-technique and its methodology. Methodology.
Harrison, J. and Rouse, P. (2016), "Editorial: Performance measurement beyond best practice: tools for tomorrow’s organisation", Pacific Accounting Review, Vol. 28 No. 4, pp. 362-363. https://doi.org/10.1108/PAR-09-2016-0082
Ingraham, P. W., Joyce, P. G., & Donahue, A. K. (2003). Government performance: Why management matters. Taylor & Francis.
Lee, P. and Quazi, H.A. (2001), "A methodology for developing a self‐assessment tool to measure quality performance in organizations ", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 18 No. 2, pp. 118-141. https://doi.org/10.1108/02656710110379066
Modell, S. (2004), Performance Measurement Myths in the Public Sector: A Research Note. Financial Accountability & Management, 20: 39-55. https://doi.org/10.1111/j.1468-0408.2004.00185.x
Neely, A. (1999), "The performance measurement revolution: why now and what next?", International Journal of Operations & Production Management, Vol. 19 No. 2, pp. 205-228. https://doi.org/10.1108/01443579910247437
Nugraeni, N., Paramitalaksmi, R., & Wafa, Z. (2022). Rasio Efisiensi dan Rasio Keserasian untuk Menilai Kinerja Pemerintah Daerah. Naskah PUblikasi Program Studi Akuntansi.
Rahimallah, M. T. A., Sartika, I., Sumampow, A. S., & Putri, L. D. M. (2022). Tren Penelitian Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia Sebagai Kajian Ilmu Pemerintahan: Sebuah Tinjauan Analisis Bibliometrik. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 191-204.
Smith, M. and Bititci, U.S. (2017), "Interplay between performance measurement and management, employee engagement and performance", International Journal of Operations & Production Management, Vol. 37 No. 9, pp. 1207-1228. https://doi.org/10.1108/IJOPM-06-2015-0313
Van Dooren, W., Bouckaert, G., & Halligan, J. (2015). Performance Management in the Public Sector (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315817590
Published
2023-07-10
How to Cite
Nurdin, I., Musaad, F., Putri, Y., & Airlangga, D. (2023). Efektifiktas Penilaian Kinerja Pegawai Sektor Publik di Indonesia. Musamus Journal of Public Administration, 6(1), 495 - 502. https://doi.org/10.35724/mjpa.v6i1.5324