SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB DI KOTA MERAUKE

  • Maryam Maryam
  • Hasanudin Jayawardana
  • Reza Zubaedah
Keywords: Sistem Informasi, Wedding Organizer

Abstract

Wedding Organizer adalah suatu jasa khusus yang secara pribadi membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Wedding Organizer membantu memberikan informasi mengenai berbagai macam yang berhubungan dengan acara pernikahan diantaranya salon, tata rias, gaun pengantin, dekorasi, gedung, photography, dan video, yang dibutuhkan dalam pernikahan dengan adanya WO ini dapat menghemat waktu dalam hal pemesanan wedding. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini ialah prototype dimana databasenya menggunakan mysql dan pembangunan sistem menggunakan PHP sebagai tahap akhir dari pengujian sistem menggunakan metode black box untuk menguji fungsionalitas sistem. Metode pengujian penerimaan terhadap pengguna (user accepting test) untuk mengetahui perubahan tingkat kinerja melalui kuisoner yang dibagikan pada masyarakat dan vendor.Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pemesanan dan promosi yang dapat membantu pihak vendor, salon dan masyarakat dalam melakukan pemesanan paket pernikahan dengan rata-rata hasil pengujian kepada masyarakat diperoleh sebesar 73% setuju sistem yang telah dibuat sesuai kebutuhan responden dari masyarakat dan rata-rata hasil pengujian kepada vendor diperoleh hasil sebesar 70% setuju sistem yang telah dibuat sesuai kebutuhan responden dari vendor.

References

[1] S. Kaputama and J. V. No, “MENGGUNAKAN PHP MY SQL PADA KECAMATAN BINJAI SELATAN,” vol. 7, no. 1, pp. 19–24, 2013.
[2] L. Kristiyanti and A. Sugiharto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengajar Les Privat Untuk Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Metode Ahp,” J. Masayrakat Inform., vol. 4, no. 7, pp. 39–47, 2007.
[3] J. Pendidikan, P. S. Pendidikan, F. Universitas, and S. Maret, “BISE: Jurnal Pendidikan,” vol. 4, 2018.
[4] K. A. Nugraha and S. Kom, “Prosiding Knastik,” 2016.
[5] P. Studi, S. Informasi, F. Sains, D. A. N. Teknologi, U. Islam, and N. Raden, “SISTEM INFORMASI WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB ( Study Kasus : CV . YAKIN GROUP ),” 2018.vol. 2, no. 1, 2013.
[6] W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018.
[7]. Layanan, S. Yang, and B. Ke, “1 ), 2 ), 3 ).”
Published
2021-10-31
How to Cite
Maryam, M., Jayawardana, H., & Zubaedah, R. (2021). SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB DI KOTA MERAUKE. Musamus Journal of Technology & Information, 4(01), 016-024. https://doi.org/10.35724/mjti.v4i01.5061

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>