APLIKASI PEMBELAJARAN SHALAT BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun Aplikasi yang membantu anak-anak dalam mempelajari pembelajaran Agama Islam dan termasuk di dalamnya memahami tata cara gerakan Wudhu, gerakan Shalat dan gerakan Shalat fardhu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, wawancara dan observasi. Metode pengujian adalah Pengujian Pra Praktek, Pengujian Perbandingan Belajar Konfensional dan Belajar Menggunakan Aplikasi, dan kuisioner. Metode dalam perancangan Aplikasi yang di gunakan adalah Hipo dan Unified Modeling Languange (UML). Metode Pengembangan Aplikasi yang di gunakan adalah Metode Prototipe.Hasil yang diperoleh berupa Aplikasi Shalat yang bermanfaat bagi siswa/i pada Sekolah Dasar. Aplikasi yang dibuat memberikan informasi tata cara wudhu dan gerakan shalat serta tata cara Niat dan Gerakan shalat Fardhu. Berdasarkan hasil pengujian terlihat hasil positif berdasarkan pengujian pra test sebanyak 4 pengujian yaitu tes 1 nilai rata-rata 45,1; tes 2 nilai rata-rata 55,7; tes 3 nilai rata-rata 68,2; dan tes akhir 75,5. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian kepuasan aplikasi yaitu sebesar 80,55% menyatakan sangat puas.
References
[2] M. Mahmudin, “Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fikih Shalat Di Madrasah Ibtidayah,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 2, pp. 105–124, 2018, doi: 10.35931/am.v0i0.28.
[3] I. Y. Supardi, Semua Bisa menjadi Programmer Android. Jakarta: Gramedia Kompas, 2014.
[4] R. W. Wardhana, “Pengertian dan Sejarah Animasi,” pp. 1–7, 2014.
[5] P. Sutton, Poser Pro 2010. 2010.
[6] A. S. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Infromatika, 2013.
[7] A. U. Sumaga, “Analisis Kepuasan Pengguna jasa Terhadap Penerapan Manajemen Rekayasa Konstruksi Profesional Ruko Di Kawasan Bussiness Park Kota Gorontalo,” J. Ilm. Media Eng., vol. 3, no. 1, pp. 6–13, 2013.