CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BOOKING SERVICE MOBIL DI TOTAL MOTOR BERBASIS MOBILE

  • Fransiskus Xaverius
  • Selfina Pare
  • Jarot Budiasto
  • Alifia Mutiara Putri
Keywords: Sistem booking service, Bengkel Mobil, Mobile

Abstract

otal Motor adalah bengkel yang melayani jasa servis mobil yang ada di Kabupaten Merauke tepatnya di Jalan Raya Mandala Muli No.374, permasalahan yang ada dibengkel total motor yaitu sistem pemesanan servis mobil membutuhkan waktu yang lama dikarenakan pelanggan harus datang ke bengkel untuk melakukan pemesanan servis mobil, tujuan dari sistem booking service mobil ini yaitu selain memberikan kemudahan terhadap pelanggan juga memberikan manfaat kepada bengkel karena dengan adanya sistem ini pengelolaan booking menjadi lebih tertata, sehingga penerapan strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga pihak bengkel menjadi lebih tepat sasaran. Metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan yaitu metode waterfall untuk menghasilkan alur pembuatan sistem yang sesuai dengan siklus hidup SDLC (system development Life Cycle) dengan menggunakan alat bantu seperti Microsoft visio 2010, database MySQL, bahasa pemrograman php dan javascript. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari segi kemudahan dalam mengolah data pemesanan service 60% menyatakan mudah, aplikasi dapat menghasilkan laporan service 80% menyatakan sangat sesuai, aplikasi dapat menampilkan informasi rating 60% menyatakan sangat sesuai, aplikasi dapat menampilkan informasi detail service 60% menyatakan sesuai, kemudian aplikasi dapat mencetak nota 80% menyatakan sangat sesuai, aplikasi mudah digunakan dalam pemesanan service 80% menyatakan sangat mudah, aplikasi dapat memberikan informasi status perbaikan 100% menyatakan sangat sesuai, kemudian dari segi penggunaan menu dan fitur 80% menyatakan mudah, dari segi tampilan aplikasi 80% menyatakan menarik, aplikasi mudah diakses dimana saja dan kapan saja 80% menyatakan sangat mudah. Maka didapatkan hasil rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 76%.

References

[1] I. Arifin, “SISTEM INFORMASI BOOKING SERVIS BERBASIS WEB DI PT. NASMOCO MAJAPAHIT,” 2019.
[2] Ninla Elmawati Falabiba et al., “PERANCANGAN MODEL BOOKING SERVICE UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 5, no. 2, pp. 40– 51, 2014.
[3] H. Zakaria and A. E. Marlia, “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2804.
[4] Rismayani and Ardimansyah, “Mobile- Based Public Transportation Search Application for Makassar City Using Depth First Search Algorithm,” J. Pekommas, vol. 18, no. 3, pp. 171–180, 2015.
[5] Novendri, “Pengertian Web,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 46–57, 2019.
[6] I. B. P. A. Putra, I. P. Satwika, and B. P. W. Nirmala, “Penerapan Progressive
Web App (PWA) Pada Aplikasi Manajemen Dokter Gigi (Studi Kasus : Praktek Drg. Ketut Astina),” J. Informatics Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 50–58, 2020.
[7] W. N. Cholifah, S. M. Sagita, and S. Knowledge, “PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID,” vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018.
[8] L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG,” vol. VIII, no. 1, pp. 179–188, 2019.
[9] Xaverius, Fransiskus; Loppies, Stanly
H.D “Sistem Informasi Geografis Perubahan Hutan Primer Tahun 2012- 2016 Pada Kabupaten Merauke,” Musamus J. Technol. Inf., vol. 01, no. 02, pp. 65–69, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/it/ article/view/2044/1198.
Published
2022-04-30
How to Cite
Xaverius, F., Pare, S., Budiasto, J., & Putri, A. (2022). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BOOKING SERVICE MOBIL DI TOTAL MOTOR BERBASIS MOBILE. Musamus Journal of Technology & Information, 4(02), 055-063. https://doi.org/10.35724/mjti.v4i02.5196

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>