IMPLEMENTASI TEKNOLOGI E-MARKET UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERDAGANGAN TERNAK

  • Abdillah Hidayah Maharani
  • Lilik Sumaryanti Universitas Musamus
  • Teddy Istanto
Keywords: E-Market, Perdagangan, Ternak, Layanan

Abstract

E-Market merupakan teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk berkomunikaasi satu sama lain dalam transaksi pembelian barang atau jasa. Pengembangan teknologi ini dapat diperuntukkan bagi kelompok usaha, sebagai upaya untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan. Kabupaten Merauke belum mempunyai pasar khusus ternak, kebanyakan peternak menjual ternaknya secara individu, masalah lainnya yaitu jarak tempuh ke Kota Merauke relatif jauh dari tempat tinggal mereka. Jika ada yang ingin membeli ternak, maka pembeli harus berkeliling mencari penjual ternak yang mengakibatkan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu diperlukan sebuah teknologi yang menjadi jembatan komunikasi antara penjual dan pembeli ternak. E-Market dapat digunakan sebagai media komunikasi dalam transaksi perdagangan ternak, yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan perdagangan ternak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan sistem waterfall. Pengembangan aplikasi e-market menyediakan fitur ruang bagi pembeli dan pedagang yang ingin memperluas pangsa pasarnya dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi tentang produk yang dijual. Hasil pengujian sistem pada E-Market untuk meningkatkan pelayanan perdagangan ternak, dapat membantu meningkatkan perdagangan ternak serta membantu pedagang untuk menyebar luaskan informasi tentang ternak yang akan dijual pada wilayah Kabupaten Merauke dan sekitarnya. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan sesuai fungsionalitas fitur yang disajikan,  dan hasil pengujian UAT menggunakan skala likert, diketahui tingkat kepuasan dengan kategori sangat membantu,  pedagang 84,8% dan kepuasan pembeli terhadap sistem yaitu 81,7%.

References

[1] H. Fure, “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca,” Fak. Ekon. Dan Bisnis, Jur. Manaj. Univ. Sam Ratulangi Manad., Vol. 1, No. 3, Pp. 273–283, 2013.
[2] M. A. H. Atika Elysia, Irfan Darmawan, “Perancangan E-Commerce Angon Untuk Pelaku Peternakan Berbasis Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan (Modul Penjualan),” E-Proceeding Eng., Vol. 3, No. 2, Pp. 3143–3148, 2016.
[3] I. U. W. Ajib Susanto, Wijanarto, “Rekayasa E-Market Untuk Kelompok Usaha Pemuda Binaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Produk Umkm Ajib,” Pros. Snatif, Vol. 14, No. 1, Pp. 251–258, 2014.
[4] I. J. D. Dihin Septyanto, “Umkm Dan Penggunaan E-Marketing Dalam Kegiatan Usaha Di Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yoyakarta,” Pp. 277–289.
[5] T. A. Cinderatama And A. F. Dianta, “Aplikasi E-Marketplace Untuk Penjualan Ikan Cupang Berbasis Web,” Pengabdi. Pada Masy., Vol. 2, No. 2, Pp. 40–45, 2018.
[6] R. Waluyo, Z. Karini, And K. A. Purnomo, “Perancang Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Informasi Dan Penjualan Kambing,” J. Coreit J. Has. Penelit. Ilmu Komput. Dan Teknol. Inf., Vol. 4, No. 1, Pp. 1–7, 2018.
[7] L Sumaryanti, R Widijastuti “Pengembangan Sisteme-Business untuk UMKM Penggilingan Padi,” MUSTEK ANIM HA, Vol.9 No. 3, Desember2020.
[8] Badan Pusat Statistik, Kabupaten Merauke Dalam Angka 2020, BPS 2021.
[9] I. C. Mauko N M. Setiohardjo, “Pengembanganwebsite Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Penerapan Jurnal Elektronik Berbasis Open Source Di Politeknik Negeri Kupang,” J. Ilm. Flash, Vol. 3, No. 2, Pp. 100–108, 2017.
[10] A. H. Muhbib, “Implementasi Desktop Sistem Inventasi Pada Hudi Motor Karangrayung Grobogan,” Progr. Stud. Tek. Inform. Univ. Dian Nuswantoro, Pp. 1–41, 2013.
[11] E. Iswandy, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur,” J. Teknoif, Vol. 3, No. 2, 2015.
[12] S. Santoso And R. Nurmalina, “Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., Vol. 9, No. 1, Pp. 84–91, 2017.
[13] Z. Hakim, L. Sakuroh, And S. Awaludin, “Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada Cv Telaga Berkat,” J. Sisfotek Glob., Vol. 9, No. 1, Pp. 69–74, 2019.
[14] R. D. Risanty And A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling,” Semin. Nas. Sains Dan Teknol., No. November, Pp. 1–9, 2017.
Published
2023-04-30
How to Cite
Maharani, A., Sumaryanti, L., & Istanto, T. (2023). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI E-MARKET UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERDAGANGAN TERNAK. Musamus Journal of Technology & Information, 5(02), 032-038. https://doi.org/10.35724/mjti.v5i02.5322