IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : TOKO TIFA RUSA)
Abstract
Pengembangan teknologi dalam bidang penyampaian informasi menjadi suatu jalan dalam menghubungkan setiap macam kebutuhan manusia. Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara, salah satu UKM diataranya Toko Tifa Rusa Merauke. Termasuk didalamnya pada bidang penjualan souvenir atau oleh-oleh dari dalam kota merauke yaitu dalam bentuk makanan seperti Dendeng dan Abon rusa. Pada saat ini permasalahan yang dihadapi adalah bagian pemasaran dan promosi. Dengan masalah yang dihadapi tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi berbasis Web yaitu CRM (Costumer Relationsip Management) dengan tujuan supaya mempermudah pelanggan dalam pemesanan produk pada Toko Tifa Rusa Merauke dan untuk membangun sebuah Aplikasi Sistem Informasi berbasis Web dengan penerapan CRM dalam memaksimalkan penyampaian informasi kepada pelanggan. Dengan adanya metode pendekatan CRM ini diharapkan pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi tentang produk, mendapat informasi promo, memberikan keluhan, kritik dan saran terhadap Toko Tifa Rusa Merauke, memberikan review terhadap produk yang ditawarkan.
References
[2] S. Informasi, P. Dan, P. Kebaya, and B. Website, “Proyek Tugas Akhir Implementasi Customer Relationship Management Pada,” 2019.
[3] Rahmat Hidayat, “Pengertian World Wide Web,” Pemrograman web dengan html, pp. 6–20, 2017.
[4] M. Duggan, D. R. Roderick, and J. Sieburg, “Data bases,” Proc. 1970 25th Annu. Conf. Comput. Cris. How Comput. are Shap. our Futur. ACM 1970, pp. 1–7, 1970, doi: 10.1145/1147282.1147284.
[5] AZPCP Gunawan, “Landasan Teori 2.1 Konsep Dasar Sistem 2.1.1 Pengertian Sistem,” pp. 9–22, 2019.
[6] Harizal Irawan, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kesiswaan Pada SMP Negeri 4 Muntok dengan Berorientasi Objek,” J. SIFOM, 2014.
[7] J. J. Robinson, “DIAGRAM: A Grammar for Dialogues,” Commun. ACM, vol. 25, no. 1, pp. 27–47, 1982, doi: 10.1145/358315.358387.
[8] J. J. Koko Mukti Wibowo, Indra Kanedi, “Sistem Informasi Geografis (Sig) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara Di Provinsi Bengkulu Berbasis Website,” J. Media Infotama, vol. 11, no. 1, pp. 223–260, 2021.
Copyright (c) 2023 Musamus Journal of Technology & Information

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.