SISTEM INFORMASI PENDATAAN DATA MAHASISWA KABUPATEN LANI JAYA DI KOTA MERAUKE

  • Agustan Latif Universitas Musamus
  • Muhammad Hasbi
  • Lintang Cahyo Buono
Keywords: Mahasiswa, lani jaya, papua, pendataan, website

Abstract

Abstrak

Perkumpulan pelajar dan mahasiswa Lani Jaya yang disingkat dengan (PPM-LJ) ialah salah satu organisasi yang dibentuk oleh tim formatur serta senior – senior yang ada di Merauke. Data mahasiswa Kabupaten Lani Jaya periode tahun 2020 – 2022 terdapat 93 data mahasiswa. Organisasi ini dibentuk untuk mengkoordinir setiap mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Lani Jaya agar membantu pemerintah dalam  memberikan bantuan serta untuk melihat status keaktifan mahasiswa di kota Merauke. Untuk mengetahui hal itu pemerintah meminta data berupa Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Surat Aktif Kuliah (SAK), Pas Foto Ukuran 2x3 itu untuk studi berjalan, sedangkan untuk studi akhir pemerintah meminta data berupa cover skripsi, Lembar Persetujuan, Surat Aktif Kuliah (SAK) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Data – data tersebut di minta Pemerintah Kabupaten Lani Jaya kepada Pengurus (PPM-LJ) di Kota Studi Merauke, proses pengiriman data di lakukan setiap 6 bulan sekali ke Pemda Kabupaten Lani Jaya dengan proses pendataan, penyimpanan dan pelaporan yang masih manual. Dengan adanya aplikasi Sistem informasi Pendataan data Mahasiswa Kabupaten Lani Jaya di Kota Merauke ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki proses pendataan, pembuatan pelaporan, serta untuk melihat perkembagan mahasiswa di kota studi Merauke. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem informasi Pendataan data Mahasiswa Kabupaten Lani Jaya di Kota Merauke ada beberapa tahapan dalam pembuatan sistem yaitu perencanaan, desain, pemrograman, uji cobah, promosi dan pemeliharaan sehingga di harapkan dapat bekerja terkait pemecahan permasalahan pengelolaan data mahasiswa. Dan Sistem  website pengelolaan data mahasiswa  pada himpunan mahasiswa Lanny jaya ini dapat membantu pemerintah Kabupaten Lanny jaya dalam memonitoring status keaktifan mahasiswa dan kelulusan serta mempercepat proses pengiriman berkas.

References

[1] T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.
[2] Ali zaki dan Smitdev, Kiat Jitu Mrmbuat Website Tanpa Modal. jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.
[3] D. A. Hartaji, Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, 2912.
[4] Y. Kustiyaningsih, Pemrograman Basis Data berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
[5] J. Hidayatullah, Priyanto. and uhari K. Kawistara., Pemrograman WEB. Bandung. Bandung: Informatika Bandung, 2014.
[6] A. Pipin, Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu, 2013.
[7] D. D. Prasetyo, Aplikasi Data base Client/Server Menggunakan Delphi dan MySQL. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2004.
[8] F. Lardinois, Microsoft Launches Visual Studio Code, a Free CrossPlatform Code Editor for OS X, Linux and Windows. 2015.
[9] Buana, Aplikasi XAMPP. jakarta: Andi.
[10] A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Gava Media, 2011.
[11] Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. jakarta: Change Publication, 2013.
[12] R. dan S. M. A. S., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.
[13] H. Herdiansyah, Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Published
2023-10-30
How to Cite
Latif, A., Hasbi, M., & Buono, L. (2023). SISTEM INFORMASI PENDATAAN DATA MAHASISWA KABUPATEN LANI JAYA DI KOTA MERAUKE. Musamus Journal of Technology & Information, 6(01), 038-046. https://doi.org/10.35724/mjti.v6i01.6069

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>