IMPLEMENTASI CUSTOMER REALATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA TOKO YOUNG BUCKS VAPE STORE BERBASIS ANDROID

  • Reza Zubaedah
  • Jarot Budiasto
  • Agustan Latif
Keywords: customer relationship management, CRM, vape, pemasaran

Abstract

Belakangan ini pengguna vape atau rokok elektrik semakin digandrungi khususnya di kalangan anak muda. Namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa rokok elektrik tidak berbahaya. Kondisi vape store saat ini menggunakan pemasaran melalui Salah satu media sosial yang mereka gunakan untuk mengiklankan dan menjual produk mereka adalah Instagram. Kelemahan dalam bisnis yang menggunakan Instagram adalah pengelolaan data pelanggan dan pembatasan pembelian, waktu untuk mempromosikan barang tersebut tidak lebih dari 24 Jam. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem yang dapat membantu pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dikarenakan masalah yang terjadi diambil dari perisitiwa yang terjadi dilapangan. Metode ini mendukung dalam pengambilan data dilapangan dan kuisioner untuk melihat tanggapan dari pengguna sistem yang akan menggunakan sistem tersebut. Hasil dari penelitian ini membantu toko vape youngbucks untuk memasarkan produk vape ke dalam aplikasi dan memudahkan pelanggan dalam pemesanan produk vape. Sedangkan dalam konsep CRM mampu memberikan sebuah informasi terkait produk vape, jenis liquid, aksesoris vape, meyediakan fitur pemesanan vape dan juga fitur upload bukti bayar untuk customer, serta menyediakan fitur lihat riwayat transaksi penjualan dan upload produk terbaru bagi admin penjual.

References

[1] O. Dyantina, M. Afrina, And A. Ibrahim, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran Di Toko Yen-Yen) 1,2,3,” Vol. 4, No. 2, Pp. 516–529, 2012.
[2] N. Sitohang, “Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Penjualan ( Studi Kasus Lavaz Kopi Kisaran ),” Pp. 224–234.
[3] A.Sulthoni, “Sistem Informasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer).
[4] B. T. S. Wardiyanti, P. Haribowo, And R. D. Astuti, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Tiga Serangkai Surakarta,” Jobs (Jurnal Bus. Stud., Vol. 5, No. 1, P. 17, 2019, Doi:10.32497/Jobs.V5i1.1672..
[5] T. L. Sha, M. T. N. T. Nawawi, And R. R. R. Rasyid, “Membangun Customer Relationship Management (Crm) Pada Usaha Ritel Pasar Tradisional Di Kota Tangerang Selatan,” J. Bakti Masy. Indones., Vol. 3, No. 2, Pp. 536–543, 2021, Doi: 10.24912/Jbmi.V3i2.9515.
[6] S. Zulkifli, “Dasar-Dasar Akuntansi Perbankan Syariah,” P. 10, 2020.
[7] E. H. Budiarto, R. A. Yuana, And D. Maryono, “Pembuatan Aplikasi Web Berbasis Sms Sebagai Media Penyalur
[8] R. Kurniawan Tanuwihardja And A. D. Susanto, “Rokok Elektronik (Electronic Cigarette),” J Respir Indo, Vol. 32, No. 1, Pp. 53–61, 2012.
[9] Warno, “Pembelajaran Pemrograman Bahasa Java Dan Arti Keyword,” Pembelajaran Pemrograman Bhs. Java Dan Arti Keyword, Vol. 8, Pp. 40– 51, 2012.
Published
2023-10-30
How to Cite
Zubaedah, R., Budiasto, J., & Latif, A. (2023). IMPLEMENTASI CUSTOMER REALATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA TOKO YOUNG BUCKS VAPE STORE BERBASIS ANDROID. Musamus Journal of Technology & Information, 6(01), 005-010. https://doi.org/10.35724/mjti.v6i01.6074

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>