IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PENJUALAN PADA TOKO OMART MERAUKE

  • Kharisma Dwi Aprianti
  • Reza Zubaedah
  • Muhammad Hasbi
Keywords: Toko Omart Merauke, CRM, Customer Realtionship Management

Abstract

Toko Omart merupakan perusahaan yang bergerak dibidang ritel atau penjualan. Permasalahan yang ada pada Toko Omart saat ini yaitu proses pembayaran ditempat atau Cash On Delivery (COD), kemudian pemesanan barang tertinggi menggunakan aplikasi WhatsApp menyebabkan admin kewalahan, serta kurangnya informasi persediaan barang yang ditampilkan untuk pihak customer menyebabkan masalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat membantu admin dalam proses pelayanan customer dan juga membantu pelanggan melihat stok barang secara real-time serta melakukan transaksi pembayaran secara online. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan pengembangan sistem menggunakan database MySQL serta bahasa Pemrogramaan PHP, kemudian akan dimasukan data yang berupa nama barang, jumlah barang serta harga barang, pengujian penelitian ini ialah metode BlackBox dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya suatu sistem yang dapat membantu transaksi penjualan, pemberian umpan balik, pembayaran, melihat ketersediaan barang, promo barang, mengelola pengguna dan melihat history pembelanjaaan. Kemudian dari hasil pengujian kuisioner yang diberikan kepada customer sebanyak 20 orang didapatkan hasil 94% dimana berada pada tingkat setuju terhadap pernyataan dan fitur serta tujuan pembuatan sistem

References

[1] M. Desy Ria and A. Budiman, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PERPUSTAKAAN,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 1, pp. 122–133, 2021, [Online].Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
[2] E. R. Putri et al., “Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Baizuri Bunut,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 4, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
[3] R. Zubaedah, J. Budiasto, A. Latif, ) Jurusan, and S. Informasi, “Musamus Journal of Technology & Information IMPLEMENTASI CUSTOMER REALATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA TOKO YOUNG BUCKS VAPE STORE BERBASIS ANDROID,” MJTI, vol. 06, no. 01, pp. 5–10, 2023.
[4] R. Noviana, “PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB MONJA STORE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL,” Jurnak Teknik dan Sience (JTS), vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2022.
[5] Y. Fatman, N. Khoirun Nafisah, and P. Bendoro Jembar Pambudi, “Implementasi Payment Gateway dengan Menggunakan Midtrans pada Website UMKM Geberco,” Jurnal KomtekInfo, pp. 64–72, Jun. 2023, doi: 10.35134/komtekinfo.v10i2.364.
[6] I. P. Sari, A. Jannah, A. M. Meuraxa, A. Syahfitri, and R. Omar, “Perancangan Sistem Informasi Penginputan Database Mahasiswa Berbasis Web,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 106–110, Jul.2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i2.57.
[7] Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 3, pp. 26–40, Oct. 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74
Published
2024-10-31
How to Cite
Aprianti, K., Zubaedah, R., & Hasbi, M. (2024). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PENJUALAN PADA TOKO OMART MERAUKE. Musamus Journal of Technology & Information, 7(01), 010-019. https://doi.org/10.35724/mjti.v7i01.6550

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>