SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN NOTA PIUTANG PELANGGAN RUMAH MAKAN SERUMPUN INDAH BERBASIS WEB

  • Esti Anjaini
  • Hasanudin Jayawardana Universitas Musamus
  • Selfina Pare
Keywords: Sistem Informasi, Pengelolaan Piutang, Prototype, Sistem Pengingat

Abstract

Rumah makan Serumpun Indah adalah rumah makan Padang yang ada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan tepatnya terletak di jalan TMP trikora. Tempat makan ini berdiri sejak tahun 2005. Rumah makan (RM) ini banyak menyajikan berbagai menu makanan. Selain melayani pelanggan yang membeli dengan membayar cash, RM ini juga melayani pelanggan yang berhutang untuk pengambilan makanan dan minuman. Berdasarkan hasil observasi terhadap pihak pengelola rumah makan Serumpun Indah menyatakan bahwa pengelolaan dan pencatatan nota piutang pelanggan masih menggunakan nota manual sehingga mengakibatkan nota-nota yang tersimpan akan rawan hilang dan lamanya pencarian data nota piutang pada saat pelanggan piutang akan membayar hutangnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototipe yaitu dengan membuat prototipe aplikasi website untuk menyimpan data piutang dan penagihannya, proses membuat rancangan, dan tahap pengujian. Penulisan kode program menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext – procesor), pengujian sistem dan implementasi serta pemeliharaan sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu suatu sistem yang dapat mempermudah rumah makan Serumpun Indah dalam pencatatan data nota piutang, mempermudah dalam melihat dan mencari informasi data pelanggan, membantu perhitungan piutang, serta membantu pelanggan dalam mengetahui informasi jumlah tagihannya dan menghasilkan sistem pengingat untuk pelanggan agar segera menyelesaikan tagihannya.

References

[1] R. Jerico Siahaan, “Perancangan Program Pemesanan Makanan Rumah Makan Masakan Padang Berbasis Website,” J. Sos. Teknol., vol. 3, no. 10, pp. 854–861, 2023, doi: 10.59188/jurnalsostech.v3i10.944.
[2] J. Nadirah, S. Restu Ningsih, and Y. Prima Putri, “Sistem Informasi Rumah Makan Ratu Caniago Berbasis Web,” Agustus, vol. 6, no. 3, 2022.
[3] M. D. Irawan and L. Hasni, “Sistem Penggajian Karyawan Pada Lkp Grace Education Center,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, p. 125, 2018, doi: 10.36294/jurti.v1i2.286.
[4] J. Chandra and B. Rakhmiati, “Perancangan Aplikasi Penjualan Dan Pembelian (Studi Kasus: Rumah Makan Uni Kapau Jaya),” J. Manaj. Inform. No.6, 2013.
[5] M. Maryam, H. Jayawardana, and R. Zubaedah, “Sistem Informasi Penyedia Jasa Wedding Organizer Berbasis Web Di Kota Merauke,” Musamus J. Technol. Inf., vol. 4, no. 01, pp. 016–024, 2021, doi: 10.35724/mjti.v4i01.5061.
[6] M. I. Pratiwi, “Siste Sistem Informasi Pengelolaan Piutang,” vol. 2, no. 6, pp. 1–8, 2022.
[7] F. Gusmiadi, “Sistem Pengelolaan Piutang Jasa,” J. Teknol. Terkini, vol. 2, no. 12, pp. 1–19, 2022, [Online]. Available: http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/347%0Ahttp://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/download/347/327
[8] C. Wijaya, A. S, and W. Hasanah, “Pelanggan dan Kepuasan,” J. Dharmawangsa, pp. 16–25, 2018.
[9] H. Riyadli, A. Arliyana, and F. E. Saputra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Berbasis WEB,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 98–103, 2020, doi: 10.33084/jsakti.v3i1.1770.
Published
2024-10-31
How to Cite
Anjaini, E., Jayawardana, H., & Pare, S. (2024). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN NOTA PIUTANG PELANGGAN RUMAH MAKAN SERUMPUN INDAH BERBASIS WEB. Musamus Journal of Technology & Information, 7(01), 001-009. https://doi.org/10.35724/mjti.v7i01.6551

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>