PENGEMBANGAN SENAM BACA HITUNG (CATUNG) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SOTA PERBATASAN RI-PNG

  • Zem Santo Universitas Musamus
  • Afif Khoirul Hidayat Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan aplikasi Geogebra pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dari siklus I kategori sedang 33% menjadi kategori tinggi 70% pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan pada aspek membuat model matematika, membuat visualisasi grafis dari persoalan program linear kontekstual, serta membuat keputusan pemecahan masalah menggunakan metode garis selidik pada aplikasi geogebra. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 60% meningkat pada siklus II sebesar 87%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Aplikasi Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Author Biographies

Zem Santo, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Afif Khoirul Hidayat, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Published
2019-01-18
How to Cite
Santo, Z., & Hidayat, A. (2019). PENGEMBANGAN SENAM BACA HITUNG (CATUNG) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SOTA PERBATASAN RI-PNG. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 010-022. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1108

Most read articles by the same author(s)