TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA

  • Melisa Murzanita Universitas Jambi
Keywords: Kemandirian, Belajar

Abstract

Kemandirian belajar mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang prestasi belajar siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Instrmen yang digunakan berupa angket kemandirian belajar yang terdiri dari 25 pernyataan (14 pernyataan positif dan 11 pernyataan negative) dengan menggunakan skala likert. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII G dan VII H SMPN 08 Kota Jambi yang keseluruhan berjumlah 57 orang siswa. Hasil data angket diolah dengan menggunakan SPPS untuk mendapatkan data yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori sikap siswa tidak baik sebanyak 8,8% (5 dari 57 siswa), kategori sikap siswa kurang baik sebanyak 21,1% (12 dari 57 siswa), kategori sikap siswa baik sebanyak 43,9% (25 dari 57 siswa), dan kategori sikap siswa sangat baik sebanyak 26,3% (15 dari 57 siswa). Dari penelitian yang telah dilaksanakan terlihat bahwa rata-rata siswa memiliki kemandirian belajar yang baik. Hasil penelitian ini dapat juga menjadi catatan bagi orang tua yang peduli terhadap perkembangan anaknya dan diharapkan orang tua tersebut dapat membantu menumbuhkan kemandirian belajar terhadap anaknya.
Published
30-07-2019
How to Cite
Murzanita, M. (2019). TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 65-73. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1421