ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU

  • Elisabeth Novri Hutauruk SMP N 2 PANDAN NAULI
  • Ratna Wati Situmeang Universitas Negeri Medan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana sikap toleransi siswa dengan siswa yang lainnya dalam pembelajaran IPA Terpadu pada kelas VII-B dan VII-C di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Pada penelitian  ini teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan pendekatan statistik. Dapat diketahui bahwa sikap toleransi di kelas VII-B sangat baik, karena persen tingkat sikap toleransi siswa semuanya berada diatas indikator kurang baik yaitu 48% Baik, dan 52% Sangat Baik, serta tidak ada siswa yang berada pada persen kurang baik dan tidak baik, sehingga dapat dikatakan bahwa sikap toleransi siswa kelas VII-B di SMP Negeri 3 Kota Jambi sangatlah baik, serta sikap toleransi di kelas VII-C sangat baik, karena persen tingkat sikap toleransi siswa semuanya berada diatas indikator kurang baik yaitu 52% Baik, dan 48% Sangat Baik, serta tidak ada siswa yang berada pada persen kurang baik dan tidak baik, sehingga dapat dikatakan bahwa sikap toleransi siswa kelas VII-C di SMP Negeri 3 Kota Jambi sangatlah baik. Kata Kunci: IPA; Sikap; Toleransi.
Published
30-07-2019
How to Cite
Hutauruk, E., & Situmeang, R. (2019). ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 110-118. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1428