PEMANFAATAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN
Abstract
Hasil observasi menunjukkan kemampuan siswa dalam operasi bilangan masih rendah, salah satu penyebabnya yaitu guru kurang melakukan inovasi dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar operasi bilangan dengan memanfaatkan media kartu. Desain penelitian ini adalah classroom action research (CAR) dengan 2 siklus. Pada siklus setiap siklus ada 4 pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-A SMP Negeri 2 Merauke. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 31. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar tes kemampuan hasil belajar operasi bilangan. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar operasi bilangan siswa pada materi bilangan pecahan dan bilangan bulat di pra siklus menjadi 26%, siklus I yaitu 58%, dan siklus II yaitu 84%.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar operasi bilangan siswa SMP Negeri 2 Merauke