Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Demonstrasi

  • Syamsul Bahri Universitas Musamus
  • Diana c Rioly SMK Negeri 1 Tanah Miring
  • Hanna Kurniawati SMK Negeri 1 Tanah Miring
Keywords: hasil belajar, pendekatan saintifik, metode demonstrasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Tanah Miring menggunakan pendekatan ilmiah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 1 Tanah Miring pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan tes akhir belajar pada setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang tergolong tuntas belajarnya pada siklus I hanya mencapai 52,6% dan pada siklus II baru mencapai 65,1%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 12,5%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran fisika melalui pendekatan ilmiah di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biographies

Syamsul Bahri, Universitas Musamus
Pendidikan Fisika
Diana c Rioly, SMK Negeri 1 Tanah Miring
Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan
Hanna Kurniawati, SMK Negeri 1 Tanah Miring
Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan
Published
26-06-2020
How to Cite
Bahri, S., Rioly, D., & Kurniawati, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Demonstrasi. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 65-72. https://doi.org/10.35724/magistra.v7i1.2733