KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUSAMUS

  • Agustinus Gereda Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Musamus
Keywords: kemampuan menulis mahasiswa, program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan memerikan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa sertameningkatan kualitas perangkat dan metode mata kuliah Menulis di FKIP Unmus. Dalam penelitian ini digunakan dua instrumen sebagai alat penjaring data, yakni instrumen berupa tes kemampuan menulis dan kuesioner untuk menjaring pendapat atau sikap responden terhadap pentingnya keterampilan menulis. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmus berada pada kategori baik (rata-rata 67,28). Kemampuan menulis tersebut didukung oleh adanya persepsi yang positif terhadap manfaat menulis yakni bahwa kemampuan menulis dapat menunjang tugas mahasiswa baik sebagai insan akademik maupun sebagai guru kelak serta mampu mengemban tugas meningkatkan kemampuan menulis siswa di sekolah.

Published
2014-07-01
How to Cite
Gereda, A. (2014). KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUSAMUS. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125-137. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i1.325