PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP YPK 2 MOPAH LAMA MERAUKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar siswa Kelas VII SMP YPK 2 Mopah Lama Merauke. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YPK 2 Mopah Lama Merauke yang berjumlah 30 orang dan menggunakan teknik sampel secara keseluruhan. Data dikumpulan melalui pengamatan, tes, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII SMP YPK 2 Merauke mencapai 0,16. Tabel korelasi menunjukkan bahwa pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII sangat lemah pengaruhnya (tidak ada pengaruhnya). Oleh sebab itu, guru diharapkan bisa menggunakan berbagai strategi, pendekatan, metode, dan sumber belajar lain agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan kedisiplinan yang harus dipatuhi dalam belajar, sehingga peserta didik bisa lebih meningkatkan hasil belajar yang diperolehnya lagi.