Implementasi Model CIRC Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan secara online karena terjadinya wabah Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil keterampilan berpikir kritis siswa. Pada pra siklus keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh rata-rata 67,84 dengan ketuntasan klasikal 57,89%. Pada siklus I rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 70,68 dengan ketuntasan klasikal 68%. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 74,05 dan ketuntasan klasikal 79%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi CIRC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke.