Implementasi Model CIRC Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis

  • dewi puji rahayu Musamus University
Keywords: model circ; keterampilan berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan secara online karena terjadinya wabah Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil keterampilan berpikir kritis siswa. Pada pra siklus keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh rata-rata 67,84 dengan ketuntasan klasikal 57,89%. Pada siklus I rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 70,68 dengan ketuntasan klasikal 68%. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 74,05 dan ketuntasan klasikal 79%.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi CIRC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVB SDN Wasur 2 Merauke.

Published
2021-07-06
How to Cite
rahayu, dewi. (2021). Implementasi Model CIRC Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.35724/magistra.v7i2.3560