Analisis Desain Aplikasi Klasterisasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Rekomendasi Penentuan Model Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perancangan aplikasi klasterisasi kecerdasan majemuk untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Musamus. Sumber data adalah hasil validasi aplikasi klaterisasi kecerdasan majemuk oleh pakar pendidikan dari segi kesesuaian, kebaruan, akurasi, dan kelengkapan dan oleh pakar IT dari segi tampilan, kualitas, integrasi, dan aspek pemrograman. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli pendidikan memberikan skor rata-rata pada validasi 1 sebesar 4,1 yang berada pada kategori baik dan pada validasi 2 sebesar 4, 3 yang berada pada kategori sangat baik dan ahli media memberikan skor rata-rata pada validasi 1 sebesar 3. 9 yang berada pada kategori baik dan pada validasi 2 sebesar 4,3 yang berada pada kategori sangat baik. Kesimpulannya, hasil perancangan aplikasi multiple intelligence clustering untuk menentukan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran layak untuk digunakan dan diujicobakan.