HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERTUJUAN TERTENTU DI SMK YALEKA MERAUKE

  • Nasrawati Nasrawati Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus
Keywords: bahasa inggris untuk keperawatan, sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa SMK Yaleka Merauke dan pengaruhnya  terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Sikap pembelajar mencakup sikap terhadap materi pengajaran, sikap terhadap guru, dan sikap terhadap bahasa Inggris sebagai variable bebas, sementara pencapaian pembelajaran sebagai variable terkait. Metode yang digunkan pada penelitian ini adalah metode campuran, dimana menggabungkan teknik pengumpulan data secara qualitative dan quantitative pada satu studi/penelitian.  Data pada variable bebas diperoleh melalui angket, wawancara, dan observasi, dan variable terkait diperoleh dari nilai-nilai siswa. Angket tersebut dibagikan kepada 40 siswa sebagai sample dan observasi kelas difokuskan pada 12 siswa. Data dari angket lalu dianalisis menggunakan multiple regresi untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen. Hasil penelitian dibuktikan bahwa sikap terhadap materi pembelajaran menghasilkan sig (2-tailed) adalah 0,655 lebih besar daripada 0,05, sikap terhadap guru adalah sig (2-tailed) 0,438 lebih besar daripada 0,05, sikap terhadap bahasa inggris sig (2-tailed) adalah 0,324 lebih besar dari 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah semua responden pada sampel memiliki sikap positif dan dimana table distribusi menunjukkan persentase yang tinggi, tak ada korelasi yang signifikan pada sikap siswa terhadap pencapaian pembelajaran siswa.
Published
01-07-2015
How to Cite
Nasrawati, N. (2015). HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERTUJUAN TERTENTU DI SMK YALEKA MERAUKE. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 263-272. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i3.380