PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV YAPIS MERAUKE

  • Yuli Astuti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus
  • Sunarni Sunarni Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Musamus
Keywords: Model Pembelajaran kontekstual, hasil belajar

Abstract

Melalui penerapan model pembelajaran kontekstual diharapkan mampu mengubah cara belajar siswa yang selama ini lebih banyak menunggu informasi dari guru ke pembelajaran yang lebih melibatkan keaktifan siswa dalam belajar IPA. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA tentang energi dan penggunaannya pada siswa kelas IV  SD Yapis I Merauke tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (one group pretest posttest design). Teknik mengumpulan data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, Besarnya peningkatan sebelum dan sesudah pembelajaran dihitung menggunakan rumus Gain Ternormalisasi. Berdasarkan hasil eksperimen maka terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA tentang energi dan penggunaanya pada siswa kelas IV SD Yapis 1 Merauke dalam model pembelajaran kontekstual
Published
01-07-2015
How to Cite
Astuti, Y., & Sunarni, S. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV YAPIS MERAUKE. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 287-296. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i3.383