PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN CTL MENGGUNAKAN EKSPERIMEN DAN PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN MINAT BELAJAR

  • Evy Nurvitasari Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Musamus
Keywords: CTL, eksperimen, pemberian tugas, sikap ilmiah, minat belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan CTL menggunakan eksperimen dan pemberian tugas ditinjau dari sikap ilmiah dan minat belajar, serta interaksi masing-masing variabel terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan: 1) ada pengaruh pembelajaran CTL menggunakan eksperimen dan pemberian tugas terhadap prestasi kognitif, 2) ada pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap prestasi kognitif, 3) ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi kognitif, 4) tidak ada interaksi antara pembelajaran CTL menggunakan eksperimen dan pemberian tugas dengan sikap ilmiah terhadap prestasi kognitif, 5) ada interaksi antara pembelajaran CTL menggunakan eksperimen dan pemberian tugas dengan minat belajar siswa terhadap prestasi kognitif, 6) tidak ada interaksi antara sikap ilmiah dan minat belajar siswa terhadap prestasi kognitif, 7) tidak ada interaksi antara pembelajaran CTL menggunakan eksperimen dan pemberian tugas, sikap ilmiah, dan minat belajar terhadap prestasi kognitif.
Published
01-01-2016
How to Cite
Nurvitasari, E. (2016). PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN CTL MENGGUNAKAN EKSPERIMEN DAN PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN MINAT BELAJAR. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 43-57. https://doi.org/10.35724/magistra.v3i1.388