PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA N 3 MERAUKE
Keywords:
Besaran dan Pengukuran, Fisika, hasil belajar, Pendekatan Keterampilan Proses
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa. dan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Merauke. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pretest-posttest one group design yaitu pemberian tes pada sampel sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (postest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Merauke yang berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling dengan undian diperoleh satu kelas sebagai sampel, yaitu kelas X MIPA 2 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes hasil belajar berbentuk pretest dan posttest pada materi Besaran dan Pengukuran. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain adalah 0,53 yang berada pada kategori sedang, sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 21 dengan analisis korelasi diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,005 hal ini menunjukkan adanya korelasi antara variabel X dan Y dengan nilai pearson correlation (r) 0,818 yang berarti derajat hubungan korelasi sangat kuat, untuk analisis regresi diperoleh thitung = 8,056 > ttabel = 2,042  yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan pada hasil belajar fisika kearah positif setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 MeraukeReferences
Hendriana, H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Refika Aditama.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2006). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Proveionalisme Guru Edidi Ke Dua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Werang, B. R. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Merauke: FKIP Universitas Musamus Merauke.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2006). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Proveionalisme Guru Edidi Ke Dua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Werang, B. R. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Merauke: FKIP Universitas Musamus Merauke.
Published
2018-01-30
How to Cite
Syabili, A., Loupaty, M., & Rahayu, M. (2018). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA N 3 MERAUKE. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 026-037. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.720
Section
Articles