PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA DI DISTRIK MERAUKE
Keywords:
pemanfaatan TIK, guru, pembelajaran kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran oleh guru kimia SMA di Distrik Merauke. Ada 17 guru kimia SMA yang berpartisipasi sebagai responden. Penelitian ini menggunakan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif sederhana digunakan pada saat menghitung jumlah pilihan jawaban oleh responden terhadap pertanyaan di kuesioner dengan cara ditabulasi dan dihitung persentasenya. Sedangkan metode kualitatif untuk menganalisis jawaban tertulis yang diberikan oleh responden, dimana beberapa pertanyaan dalam kuesioner bersifat terbuka dan juga diberikan ruang untuk menyatakan pendapat dan tanggapan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru kimia SMA di Distrik Merauke sudah memanfaatkan TIK dalam pembelajaran kimia, tetapi banyaknya kendala yang dihadapi oleh guru menyebabkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran menjadi kurang lancar dan maksimal. Kendala yang dihadapi oleh guru tersebut diantaranya adalah terbatasnya fasilitas TIK seperti komputer, LCD proyektor, dan jaringan internet. Selain itu, kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa hubungannya dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran menjadikan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran kimia SMA di Distrik Merauke menjadi kurang maksimalReferences
Aman dan Kumalasari, D. (2008). Faktor-faktor Pendukung Kualitas Pembelajaran Sejarah di SMA 5 Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.
Chistina, I. (2011). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: FIP-Universitas Negeri Yogyakarta.
Degeng, N.S. (2004). Teori Pembelajaran. Malang, Jawa Timur: UM Press.
Kean, E & Middlecamp, C. (1988). Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: Gramedia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Data Pokok Pendidikan Jenjang SMA-SMK. .tp://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id
Libbele, R. (2004). ICT Policy Formulations and E-strategy Development: a Comprehensive Guidebook, Bangkok, UNDP Asia Pasific Development Information Programme
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Surjono, H.D. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Makalah, disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.
Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas
Sujarwo. (2010). Peranan Guru dalam Pembelajaran Siswa. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Chistina, I. (2011). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: FIP-Universitas Negeri Yogyakarta.
Degeng, N.S. (2004). Teori Pembelajaran. Malang, Jawa Timur: UM Press.
Kean, E & Middlecamp, C. (1988). Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: Gramedia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Data Pokok Pendidikan Jenjang SMA-SMK. .tp://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id
Libbele, R. (2004). ICT Policy Formulations and E-strategy Development: a Comprehensive Guidebook, Bangkok, UNDP Asia Pasific Development Information Programme
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Surjono, H.D. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Makalah, disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.
Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas
Sujarwo. (2010). Peranan Guru dalam Pembelajaran Siswa. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2018-01-30
How to Cite
nurvitasari, E., & Asmaningrum, H. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA DI DISTRIK MERAUKE. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 048-061. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.722
Section
Articles