PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

  • Markus Palobo Universitas Musamus
  • Khumaeroh Dwi Nur'aini Universitas Musamus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul pada materi bangun ruang sisi lengkung. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem based learning  untuk peningkatan kemampuan penalaran dan sikap siswa terhadap matematika. Produk hasil pengembangan akan diaplikasikan pada siswa kelas IX SMP Negeri Urumb yang berlokasi di kampung urumb kabupaten merauke. Penggunaan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan problem based learning ini diharapkan mampu mendorong partisifasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika, mampu meningkatkan kemampuan penalaran dan sikap siswa terhadap matematika sehingga hasil belajar matematika siswa memuaskan. Metode pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel terdiri atas 4 tahapan yaitu define (Pembatasan); design (Perancangan); develop (Pengembangan) dan; disseminate (Penyebaran). Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  perangkat  pembelajaran matematika  yang  dikembangkan  masing-masing  memenuhi  kriteria  valid, praktis dan efektif. Perangkat dan instrumen pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan  kategori  “sangat validâ€. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru pada kategori  “sangat praktisâ€,  kategori  “sangat  praktis† berdasarkan  respon  siswa  dan  kategori  “sangat  praktis†berdasarkan  hasil  observasi  keterlaksanaan  pembelajaran.  Perangkat  pembelajaran  yang dikembangkan  efektif  berdasarkan  ketuntasan  belajar  siswa.  Persentase  siswa  yang  tuntas  pada  tes kemampuan  penalaran matematika  mencapai  82,76%  dan  pada  sikap terhadap matematika mencapai 96,55%.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, problem based learning, kemampuan penalaran, sikap terhadap matematika..

Author Biographies

Markus Palobo, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Matematika

Khumaeroh Dwi Nur'aini, Universitas Musamus

Jurusan Pendidikan Matematika

Published
2018-07-03
How to Cite
Palobo, M., & Nur’aini, K. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 015-029. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i2.922

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>