Perceived Enjoyment dan Kepercayaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Mobile Banking PT. Bank BPD
perceived enjoyment, Trust, behavioral Intention dan mobile banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perceived enjoyment dan kepercayaan user berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking PT. Bank BPD Bali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan mobile banking PT. Bank BPD Bali. Sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden dan pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yaitu accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat uji SPSS. Hasil uji f menunjukkan bahwa perceived enjoyment, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking PT. Bank BPD Bali. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa perceived enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking PT. Bank BPD Bali dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking PT. Bank BPD Bali.
References
Alalwan, A. A., Baabdullah, A. M., Rana, N. P., Tamilmani, K., & Dwivedi, Y. K. (2018). Examining adoption of mobile internet in Saudi Arabia: Extending TAM with perceived enjoyment, innovativeness and trust. Technology in Society, 55, 100–110.
Amanullah, B. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking (Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Astuti, D. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Prilaku Wajib Pajak Orang Pribadi Melaporkan SPT Menggunakan E-Filling Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Dompu. Universitas Islam Malang.
Harlan, D. (2014). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. ANDI.
Jati, N. J., & Laksito, H. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan dan penggunaan sistem e-ticket (Studi empiris pada biro perjalanan di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 511–524.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Poon, W. (2008). Users’ adoption of e‐banking services: the Malaysian perspective. Journal of Business & Industrial Marketing, 23(1), 59–69.
Silvia, M. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Ahmad Yani Makassar. Universitas Hasanuddin.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 Tentang Perbankan, (1998).
Yakut, A. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kepercayaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan E-banking Pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Studi Komparatif Pada Mahasiswa Perbankan Syariah dan Hukum Ekonomi syariah). Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.