Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Serba Alumunium

  • Kevin Josua Manabung Universitas Musasmus
  • Irfan Wildzan Muafa Universitas Musasmus
  • Apolinaris Sapuk Awotkay Universitas Musasmus
Keywords: Desain, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini terkait keterbatasan  penewaran desain dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Desain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Serba Alumunium Merauke. Populasi yang digunakan berjuamlah 334 sampel yang digunakan 77 responden, teknik pengambilan datanya menggunakan metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder sedangkan teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan pengukuran sakala Likert dan menggunakan program SPSS versi 25 dengan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Desain berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen yang membeli produk pada Toko Serba Alumunium Merauke, terlihat dari nilai thitung 2,414  > ttabel 1,675. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen yang membeli produk padaToko Serba Alumunium, dilihat dari nilai thitung 5,843  > ttabel 1,675. Desain dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan yang membeli produk pada Toko Serba Alumunium Merauke, dilihat dari nilai Fhitung 31,990  > Ftabel 3,12.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azany, F. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. Universitas Diponegoro.
Fajar, T. C. Al. (2017). Pengaruh desain dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian motor Honda Tiger. Universitas Negeri Malang.
Hariyanto. (2016). Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Mebel UD Duta Jati Tahun 2016). Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Muafa, I. W. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jne Di Merauke. Musamus Journal of Business & Management, 1(1), 32–46.
Mulyanto, A. (2017). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Industri Rumah Tangga Nikki Jaya Merauke. Universitas Musamus Merauke.
Murti, G. A. (2018). Analisis Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus di Rasa Lokal Denpasar, Bali. Universitas Islam Indonesia.
Nurjanah. (2018). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Industri Rumahan Santika Kulit Merauke. Universitas Musamus Merauke.
Prayoga, R. (2019). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Rapy Ray Putratama-Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sangadji, & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen: Pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. In Yogyakarta: Andi. ANDI.
Sidik, R. (2017). Analisis Kualitas dan Desain Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Meubel Sofa di Gresik. Manajemen Bisnis-MEBIS, 1(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Andi offset.
Published
2023-04-29
How to Cite
Manabung, K., Muafa, I., & Awotkay, A. (2023). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Serba Alumunium. Musamus Journal of Business & Management, 5(2), 98-109. https://doi.org/10.35724/mjbm.v5i2.5091