Optimalisasi Marketing : Meningkatkan Minat Berkunjung melalui Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata Budaya

  • Mar’atul Fahimah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nabila Nur Tania Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: sosiaol media marketing, citra destinasi, fasilitas, minat berkunjung

Abstract

Penelitian ini mengaji pengaruh sosial media marketing, citra destinasi dan fasilitas terhadap minat berkunjung di objek wisata budaya Dalem Simbah Wonosalam Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah melihat konten sosial media instagram Dalem Simbah yang belum diketahui. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuisioner sebagai media dalam mengumpulkan data. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan sosial media marketing, citra destinasi dan fasilitas terhadap minat berkunjung pada objek wisata budaya Dalem Simbah baik secara parsial maupun simultan. Hal ini menunjukan bahwa dengan adanya konten media sosial yang menggambarkan, menginspirasi, dan menggugah yang menawarkan pengalaman unik dengan keindahan alam, budaya, dan atraksi lokal yang menarik. Ditambah dengan tersedianya kelengkapan fasilitas, kerapian lingkungan, dan kebersihan terjaga dengan baik menjadi faktor utama yang mendukung minat berkunjung wisatawan.

References

Agustine, G., & Sulaiman, F. (2024). Pengaruh Media Sosial Marketing dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung di R-Zoo & Park. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(2), 385–394.

Andiaresmi, P., & Pramono, R. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 373–381. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.2817

Anggraeni, P. W. P., Antara, M., & Ratna Sari, N. P. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali yang Dimediasi oleh Memorable Tourism Experience. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 9, 179. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v09.i01.p08

Charli, C. O., & Putri, D. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2), 40–48. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.75

Fanggidae, R. P. C., & Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833

Fauzi, L. M. & A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Adminitrasi Bisnis.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447

Jushendriawati. (2021). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Warung Terapung(Water) Amassangan Kecamatan Malangke Barat. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(69), 1–124.

Kencana, J. G., & Facrureza, D. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung di Museum Sejarah Kota Tua Jakarta. … , Digital &Creative Arts and Event, 1, 78–88.

Lestyaningsih, D., & Pramudyo, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat Pada Objek Wisata Laguna Depok Bantul Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(2), 167–177. https://doi.org/10.54131/jbma.v10i2.171

Maulana, I., & Kamila, A. R. (2022). Pengaruh Self-Concept Dan Lifestyle Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 560–565.

Nasution, O. B., & Rohman, I. Z. (2022). Peran Akun Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata Pada Pengambilan Keputusan Wisatawan untuk Mengunjungi Destinasi Wisata Pada Era Digital. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 774. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p20

Novila, M. (2018). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Snowcake(Studi pada Masyarakat Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen.

Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381

Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Harga dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10.

Oktriyanto, B., Budiarto, G. L., Siahaan, S. O., & Sanny, L. (2021). Effects of Social Media Marketing Activities Toward Purchase Intention Healthy Food in Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(10), 6815–6822.

Pitana, I., & Diarta, I. (2009). Pengantar ilmu pariwisata. Andi Offset.

Pujiyati, H., & Sukaatmadja, I. P. G. (2020). Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual Di Bali ( The Antecedent Of Spiritual Tourist Revisit Intention In Bali ). E-Jurnal Manajemen, 9(1), 21–39.

Rohmah, Z. W. (2022). Pengaruh Aksebilitas, Fasilitas dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Kidung Kampoengku Karangnangka Kab. Banyumas. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Puwokerto.

Sari, A. N., & Suyuthie, H. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Pulau Angso Duo Pariaman. Pendidikan Tambusai, 6(1), 1130–1134.

Setyawan, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung (Studi pada Objek Wisata Dusun Semilir Bawen). Jurnal Ekobistek, 40–48.

Sukardi, A. S., & Afidah, E. U. (2024). Pengaruh citra destinasi, fasilitas, dan presepsi harga terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata pantai di Kabupaten Jepara. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 15–29.

Utama, I. B. R. (2014). Pengantar Industri Pariwisata.

Widjianto, T. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Objek Wisata Ketep Pas. Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2025-04-30
How to Cite
Fahimah, M., & Tania, N. N. (2025). Optimalisasi Marketing : Meningkatkan Minat Berkunjung melalui Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata Budaya. Musamus Journal of Business & Management, 7(2), 73-92. https://doi.org/10.35724/mjbm.v7i2.6726