Perbandingan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Nur Fitriyah Indraswari STKIP PGRI Sumenep
  • Maulidatul Hikmah STKIP PGRI Sumenep
  • Fitriana Minggani STKIP PGRI Sumenep
Keywords: Team Assisted Individualization, Two Stay Two Stray, Mathematical Learning Outcomes

Abstract

The purpose of this study is to determine whether or not the differences in mathematics learning outcomes using the TAI learning model with TS-TS on functional derivative material. This research used a True-Experimental Design approach in the form of Posttest-Only Control Design. The population taken is all students of class XI-MIPA MAN Sumenep with sample class XI-MIPA 2 as experimental class I and class XI-MIPA 4 as experimental class II. The instrument used is in the form of TKAkh questions (Final Capability Test). Data analysis was performed using a t-test with a significance level of 5%. The results showed that the t-test is more than t-table, meaning that there were differences in mathematics learning outcomes using the TAI  learning model and the TS-TS learning model on the functional derivative material

References

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Harsanti, Arni Gemilang. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran STAD Dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), Juli 2017, p-ISSN: 2406-8012; e-ISSN: 2503-3530.
Heryati., Oswaldus dadi. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI TPH SMK Negeri 1 Tanah Miring melalui metode pemberian tugas. Jurnal MJME, 2(1), 43-49.
Jannah, Raudatul. 2015. Perbandingan efektivitas antara model pembelajaran TAI (team assisted individualization) dengan explicit instruction terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sumenep. Skripsi. STKIP PGRI Sumenep.
Lapohea, Amrina Zainab. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Matei Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 1(2), Maret 2014.
Noormandiri, B. K. 2016. MATEMATIKA Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Jakarta: ERLANGGA.
Putri, M. D., Musdi, E., dan Syafriandi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 25.
Ratnasari. Mardiyana. Dan Usodo, B. 2015. Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan saintifik (TSTS-PS) dan tipe teams assited individualization dengan pendekatan saibtifik (TAI-PS) pada materi himpunan ditinjau dari kecemasan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-kabupaten Karaanganyar. Jurnal MJEE, 5(1), 1-11
Sahidin, L. dan Jamil, D. 2013. Pengaruh Motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211.
Shelvia, Sely. 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sholihah, D. A. dan Mahmudi, A. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 177-178.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Published
13-05-2020
How to Cite
Indraswari, N., Hikmah, M., & Minggani, F. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-66. https://doi.org/10.35724/mjme.v2i2.2648