Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Khumaeroh Dwi Nur'aini Universitas Musamus
  • Herman Patarru Pendidikan Matematika, Fakultas Keeguruan dan ilmu Pendidikan-Universitas Musamus
  • Markus Palobo Pendidikan Matematika, Fakultas Keeguruan dan ilmu Pendidikan-Universitas Musamus
Keywords: motivasi belajar, kecemasan matematika, kesadaran metakognisi, hasil belajar matematika., motivation to learn, mathematics anxiety, metacognition awareness, mathematics learning outcomes.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kecemasan matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Urumb. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Urumb tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel 123 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket motivasi belajar, (2) angket kecemasan matematika, (3) angket kesadaran metakognisi dan (4) hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kesadaran metakognisi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,916, (2) Kecemasan matematika berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kesadaran metakognisi siswa dengan koefisisen korelasi sebesar 0,074, (3) Motivasi belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen korelasi sebesar 0,797, (4) Kecemasan matematika tidak berpengaruh secara langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen korelasi sebesar -0,067, (5) Kesadaran metakognisi tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan koefisisen korelasi sebesar 0,112, (6) Motivasi belajar berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi koefisisen korelasi 0,102 dan (7) Kecemasan matematika berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi koefisisen korelasi 0,008. Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation and mathematics anxiety on metacognition awareness and its relation to mathematics learning outcomes of Urumb Public Middle School students. This type of research is "ex post facto". The population in this study were Urumb Public Middle School students in the 2019/2020 school year with a total sample of 123 students selected using the Proportional Random Sampling technique. Data collection techniques using instruments: (1) Learning motivation has a significant direct effect on students 'metacognition awareness with a correlation coefficient of 0.916, (2) Mathematical anxiety has a significant direct effect on students' metacognition awareness with a correlation coefficient of 0.074, (3) Learning motivation has a direct effect significant to the mathematics learning outcomes of students 'correlation coefficient0.797, (4) Mathematical anxiety does not have a significant direct effect on the mathematics learning outcomes of students' correlation coefficients -0.067, (5) Awareness of metacognition does not significantly influence the mathematics learning outcomes of correlation coefficients 0.112, (6) Learning motivation has a significant indirect effect on student mathematics learning outcomes through awareness of correlation coefficient metacognition 0.102 and (7) Mathematical anxiety has a significant indirect effect on student mathematics learning outcomes through awareness of correlation coefficient metacognition 0.008.

References

Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Akademik Siswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 91–98.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 01(April), 25–32.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi matematis Siswa SMP. Infinity, 3(1), 125–132.

Aunurrofiq, M., & Junaedi, I. (2017). Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah. UMJER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 157–166.

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangkaraya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(Oktober), 556–568.

Lestari, N., & Suryani, D. R. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79.

Masrura, S. I. (2013). Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan prestasi belajar matematika. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), 1(1), 1–19.

Nurani, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP N 3 Sungguminasa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. UNM Makassar.

Suardi, M. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri Di Kabupaten Sinjai. Universitas Terbuka.

Taufik, A., Pagiling, S., Mayasari, D., Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Dadi, O. (2019). The Metacognition of Junior High School Students in Posing Mathematical Problems Viewed From Cognitive Style. 383(Icss), 137–143.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wihasta Jagat Wicaksana, M., Baidowi, B., Kurniawan, E., & Turmuzi, M. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kecemasan Belajar Matematika Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 81–89.

Published
14-09-2021
How to Cite
Nur’aini, K., Patarru, H., & Palobo, M. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Musamus Journal of Mathematics Education, 3(2), 89-97. https://doi.org/10.35724/mjme.v3i2.3539