Pengembangan LKS Pada Materi Limit Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Komunikasi Matematis

  • Dian Mayasari Musamus University
  • Etriana Meirista Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Musamus
  • Dwi Putri Jayanti Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Musamus
Keywords: Lembar Kegiatan Siswa; Group Investigation; Komunikasi Matematis, Student’s Worksheet; Group Investigation; Mathematical Communication

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar berupa lembar kegiatan siswa yang berbasis komunikasi matematis dengan model pembelajaran group investigation. Pengembangan LKS menggunakan model pembelajaran group investigation ini bertujuan untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi limit. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai uji coba terbatas pada tahap develop karena waktu yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Hikmah Merauke pada kelas XII IPA sebagai sampel uji coba terbatas yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kevalidan kepada validator untuk mengukur kevalidan produk serta angket kepraktisan kepada guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan produk. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai dari angket yang diberikan kepada validator dan responden. Hasil penelitian menunju kan bahwa LKS dengan model pembelajaran group investigation berbasis komunikasi matematis berada pada kriteria valid dan praktis. Produk yang dikembangkan sudah layak digunakan untuk uji coba lapangan dan pembelajaran di sekolah. Abstract: This study developed a teaching material in the form of student’s worksheet based on mathematical communication with the group investigation learning model. The development of student’s worksheet using the group investigation learning model was aimed at training student mathematical communication skills on the limit material. The research model used is 4-D consisting of four stages, namely define, design, develop and disseminate. The research was only conducted until the trial at the develop stage due to limited time. This research was conducted at MA Al-Hikmah Merauke in class XII IPA as a limited trial sample, amounting to 12 students. Data collection techniques was by providing validity questionnaires to validators to measure product validity and practicality questionnaires to teachers and students to measure the practicality of the product. Data analysis was performed by calculating the percentage value of the questionnaire given to the validators and respondents. The results showed that student worksheets with the group investigation learning model based on mathematical communication were in valid and practical criteria. The product developed is suitable for use for field trials and learning in schools.

References

Ansari, B. (2016). Komunkasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar:Konsep dan Aplikasi. Pena.

Astuti, Y. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kemdikbud. (2018). Materibimbingan Teknis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika. Kemdikbud.

Kemdikbud. (2019). Pusat Penilaian Pendidikan.

Kemdikbud. (2020). Pencegahan Coron Virus Disease (COvid19) di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Kesumayanti, N., & Putra, R. W. Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 125. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.686

Mayasari, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Inomatika.

Mayasari, D., Palobo, M., Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2020). The Effect of Problem Solving Ability Based Blended Learning Towards The Pupils ’ Math Learning Outcomes. Association for Computing Machinery. ACM.

Munfarikhatin, A., Mayasari, D., Natsir, I., & Yurfiah. (2019). Analysis of hard work character and students of PISA mathematics literature. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012211

Ngalimun. (2017). Kapita Selekta Pendidikan. Perama Ilmu.

Nigrum, O. . (2018). Pengembnagan LKPD Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan komunikasi Matematis Peserta Didik. Universitas Lampung.

Nurdin, E., Risnawati, R., & Ayurila, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Group Investigation untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 219. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752

Perpres. (2017). Pendidikan penguatan karakter (PPK). Perpres.

Rahayuningsari, N., Dadi, O., Taufik, A. R., Matematika, P., Keguruan, F., & Universitas, P. (2020). Musamus Jurnal of Mathematics Education Pengembangan LKS Berbasis Model Discovery Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa ialah LKS yang diberikan guru Kemampuan berpikir kritis siswa saat proses pembelajaran matematika perlu diperhatikan. MJME, 3(2), 38–47.

Widiasworo, E. (2017). Masalah-masalah Peserta Didik Dalamkelas dan Solusinya (Cermat dan tepat mengatasi Problematika Pembelajaran). Araska Publisher.

Wulandari. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indoneisa.

Published
31-07-2021
How to Cite
Mayasari, D., Meirista, E., & Jayanti, D. (2021). Pengembangan LKS Pada Materi Limit Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Komunikasi Matematis. Musamus Journal of Mathematics Education, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.35724/mjme.v3i2.3571