Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

  • Osey Putri Salehha Universitas Almuslim
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Almuslim
Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Berpikir Kreatif, Time Token Learning Model; Creative Thinking Ability

Abstract

Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post factoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran time token berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang. Seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas menjadi populasi dalam penelitian ini dan yang menjadi sampel kelas VIII/2 yang dipilih secara random.  Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi (normalitas dan homogenitas) dan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai Sig. sebesar 0.00  5% maka  ditolak, yang artinya model pembelajaran time token memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang.

Abstract: This research is included into ex-post facto research and quasi-experimental research type. This study aims to determine the time token learning model has an effect on students' mathematical creative thinking skills on opportunity material. All students of class VIII consisting of 7 classes became the population in this study and the samples of class VIII/2 were randomly selected. Testing the data used assumption test (normality and homogeneity) and simple regression test. The results of this study stated that the value of Sig. 0.00  5% then rejected, it means that the time token learning model has a positive influence on students' mathematical creative thinking skills on opportunity material.

 

References

Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(1), 357–366.
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Infinity: Journal of Mathematics Education, 3(2), 164–173.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129–136.
Faturohman, I., & Afriansyah, A. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. Maju, 8(1), 233–243.
Kandaga, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Edumatica, 07(April), 21–28.
Muhsin, M., & Razi, Z. (2018). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Peluang, VI(2), 15–22.
Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.
Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paidagogeo, 2(1), 46–62.
Ningsih, K. A. M. P., & Putra Made. (2020). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 431–439.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117.
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31.
Nurhasanah, N., Suherman, E., & Lestari, P. B. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika Pada Siswa. Educare, 11(2), 10–18.
Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri di Kelas X Sman 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII(1), 45–49.
Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72–78.
Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh SPSS Terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 101–107.
Nurhayati, N., & Wahyuni, R. (2019). Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 31–36.
Oktaviani, S., Hariyani, S., & Pranyata, Y. I. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 2 Singosari. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 54–63.
Perawati, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur. Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(1), 50–54.
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 323–332.
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2019). Analysis Of Students ’ Creative Thinking In Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1), 49–60.
Sari, N. Y., Syafruddin, D., & Wahyuni, F. R. E. (2018). JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 41–46.
Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37–48.
Siregar, R. M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Matheducation Nusantara, 2(1), 35–38.
Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(9), 284–291.
Tamara, N. M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 131–141.
Tarlina, W. H., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving. Eduma, 5(2), 42–50.
Yuniarti, Y., Kusumah, Y. S., Suryadi, D., & Kartasasmita, B. G. (2017). The Effectiveness Of Open-Ended Problems Based Analytic-Synthetic Learning On The Mathematical Creative Thinking Ability Of Pre-Service Elementary School Teachers. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 12(3), 655–666.
Published
2021-07-30
How to Cite
Salehha, O., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Musamus Journal of Mathematics Education, 3(2), 48-56. https://doi.org/10.35724/mjme.v3i2.3593