Lesson Study dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas Tegak

  • Nur Fitriyah Indraswari STKIP PGRI Sumenep
  • Lilis Mariyatul Fitriyah STKIP PGRI Sumenep
Keywords: Lesson study; discovery learning; kolaboratif; PTK; Hasil Belajar, Lesson study; discovery learning; collaborative; PTK; learning outcomes

Abstract

Abstrak: Dalam proses pembelajaran, masalah yang sering dijumpai diantaranya guru kurang mampu memberi stimulus kepada siswa dalam belajar sehingga hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti memilih lesson study dengan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan lesson study terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan prisma dan limas tegak di kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. PTK dalam penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika kelas VIII dan peneliti. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan observasi dan tes untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Setelah diadakan penelitian tentang kegiatan lesson study di kelas VIII mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa lesson study dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Abstract: In the learning process, problems that are often encountered include teachers being unable to provide stimulus to students in learning so that this results in low student achievement. In this case, the authors chose lesson study with discovery learning methods to improve student achievement. The purpose of this study was to describe the use of lesson study to increase student activity and achievement on the subject of prisms and upright pyramids in class VIII junior high school 3 pamekasan. PTK in this study was carried out collaboratively between the VIII grade mathematics teacher and the researcher. To obtain data, researchers used observation and tests to determine the increase in student activity and achievement. After conducting research on lesson study activities in class VIII experienced a significant increase. Based on the research results, the authors conclude that lesson study using discovery learning method can improve student achievement.  

References

Aisyah, Annur. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Discovery Learning pada Materi Pokok Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Pamekasan: Universitas Madura

Alma, Bukhari, dkk. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Bahri, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Fairuzabadi,Muhammad. 2011.http://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/05/24/pengertian-dan-tujuan-alat-peraga-pendidikan/http://sekolahdasar.net

Herlanti, Yanti. 2010. Bisakah Penelitian Tindakan Kelas dan Lesson Study Digabungkan?. Termuat di tabloid Pendidikan Aksara Edisi 37 September 2010.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hudojo, Herman. 2001. JICA Common Text Book Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Ibrohim. 2011. Pengaruh Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dan Perkembangannya di Indonesia. Bogor: JICA FMIPA UM

Ibrohim, dkk. 2007. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secar Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTTEMS – JICA di Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur (2006 – 2008)

Joharmawan, Ridwan. 2011. Lesson Learnt LSBS SMA LAB. UM. Malang

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Program Induksi Bagi Guru Pemula. Pusat PengembanganTenaga Kependidikan

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya bandung

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Putra, Yukon, dkk. 2010. Belajar dari Pembelajaran Best Practice Implementasi Lesson Study. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Nasional

Salamah, Umi. 2012. Matematika Untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Solo: Global

Santoso, Djoko. 2010. Upaya Penguasaan Konsep dan Psikomotorik mata Kuliah Alat Ukurdan Pengukuran Berbasis Lesson Study Mahasiswa Jurdik Teknik Elektronika FT UNY. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY

Solichin, Muchlis. 2011. Psikologi Belajar Aplikasi Teori-Teori Belajar dalam Proses Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila

Sugiyono, Prof. Dr. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: 2012

Sulaiman, Moh. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada Materi Pokok Segi Empat Kelas VII MTs. Bustanul Ulum Sejati Camplong tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Pamekasan: Universitas Madura

Sumardi, Yosaphat. 2011. Asas-Asas Lesson Study. Yogyakarta: FMIPA UNY

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Predana Media Group

Wardani, I.G.A.K. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Widyantini, dkk. 2010. Pemanfaatan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP Diklat SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Published
31-07-2021
How to Cite
Indraswari, N., & Fitriyah, L. (2021). Lesson Study dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas Tegak. Musamus Journal of Mathematics Education, 3(2), 79-88. https://doi.org/10.35724/mjme.v3i2.3636