Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs AN-Nur Lenteng

  • Nur Suci Bahiyrah Sufvinia STKIP PGRI Sumenep
  • Lilis Mariyatul Fitriyah STKIP PGRI Sumenep
  • Nur Fitriyah Indraswari STKIP PGRI Sumenep
Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Kemampuan Penalaran Matematis; Hasil Belajar Matematika., Reciprocal Teaching Learning Model; Mathematical Reasoning Ability; Mathematics Learning Outcomes.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan penalaran matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs An-Nur Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yaitu Pre Experimental dengan populasi kelas VIII di MTs An-Nur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-A sebanyak 15 siswa.Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis dan tes hasil belajar matematika. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik mengunakan uji N-gain dan uji-t.  Pengujian hipotesis dengan uji t didapat nilai thitung adalah 3,28045 sedangkan pada tabel nilai ttabel adalah 1,76131 pada taraf signifikan 0,05, dan derajat kebebasan 14, sehingga nilai thitung lebih dari ttabel  hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs An-Nur Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Abstract: This study aims to determine whether there is an influence of the Effect of Reciprocal Teaching Learning Model on Mathematical Reasoning Ability and Student Learning Outcomes of Class VIII MTs An-Nur Lenteng in the 2019/2020 academic year. This study uses an experimental approach that is pre experimental with a class VIII population at MTs An-Nur. The sampling technique used was simple random sampling. The research sample is class VIII-A as many as 15 students. Data collection techniques using mathematical reasoning ability tests and mathematics learning achievement tests. While the data analysis technique used as statistical analysis using the N-gain test and t-test. Hypothesis testing with the t test obtained thitung is 3,28045 while in the table the value of ttabel is 1,76131 at a significant level of 0,05, and degrees of freedom 14, so the value of thitung more than ttabel this shows that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that there is an influence of The Effect of Reciprocal Teaching Learning Model on Mathematical Reasoning Ability and Student Learning Outcomes of Class VIII students of MTs An-Nur Lenteng in the  2019/2020 Academic Year  

References

Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 1–26.

Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat. Pythagoras, 13(1), 88–98.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.

Cahyani, P. A. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Berbantuan Alat Peraga “Kartu Pintar” Pada Materi Prisma Dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Ajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 27–34.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.

Lestari, K. E & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Munfarikhatin, A. (2019). Keefektivan Model PBL Strategi MURDER Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Mjme, 2(1), 32–42.

Noorliani, & Kusumawati, E. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal PEndidikan Matematika, 1(1), 34–41.

Nismalasari, Santiana, & Rohmadi, H. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains. 4(2), 74-94.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Sarana Berpikir Ilmiah melalui pembelajaran berbasis Lesson Study. Vox Edukasi, 7(2), 203–215.

Sufri, & Idrus, A. (2015). Pengaruh Strategi Working Backward dalam Pemecahan Masalah Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Siswa SMP Negeri Kota Jambi. Tekno Pedagogi, 5(1), 24–34.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Buku Statistik yang paling Komprehensif. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Yadrika, G., Amelia, S., Roza, Y., Maimunah, & ... (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras Dan Lingkaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MatematikaMatematika, 12(2), 195–212.

Published
31-07-2021
How to Cite
Sufvinia, N., Fitriyah, L., & Indraswari, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs AN-Nur Lenteng. Musamus Journal of Mathematics Education, 3(2), 68-78. https://doi.org/10.35724/mjme.v3i2.3637