Pengembangan Buku Ajar Teori Bilangan Berbasis Direct Instruction

  • Denok Julianingsih STKIP Bina Insan Mandiri
  • Evi Widayanti Pendidikan Matematika, STKIP Bina Insan Mandiri
Keywords: pengembangan, buku ajar, teori bilangan, direct instruction, development; textbooks; number theory; direct instruction

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar teori bilangan berbasis direct instruction yang berkualitas baik untuk mahasiswa keguruan pendidikan matematika STKIP Bina Insan Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu tahapan analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil uji coba buku ajar teori bilangan berbasis direct instruction, buku ajar dikatakan (1) valid berdasarkan penilaian validator dengan rerata penilaian sebesar 0,8916 atau sebesar 89,16% yang berada pada kategori sangat baik (2) praktis berdasarkan hasil dari pengamatan ahli bahwa buku ajar dapat digunakan di lapangan, pembelajaran juga berlangsung dengan sangat baik dan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran juga sangat baik dengan prosentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85% (3) efektif berdasarkan nilai rerata kelas sebesar 76,0125 dan pemberian respon positif mahasiswa dengan prosentase sebesar > 60% pada masing-masing indikator yaitu pada kategori cukup, baik, dan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar teori bilangan berbasis direct instruction berkualitas baik. Abstract: The purpose of this research is to produce a number theory textbook based on direct instruction for mathematics education teacher students at STKIP Bina Insan Mandiri. This research is a development research using the ADDIE development design with five stages, namely the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Based on the test results of the number theory textbook based on direct instruction, the textbook is said to be (1) valid based on the validator's assessment with an average rating of 0.8916 or 89.16% which is in the very good category (2) practical based on the results of expert observations that textbooks can be used in the field, learning also takes place very well and student activities during learning are also very good with the percentage of learning implementation of 85%(3) effective based on the class average value of 76.0125 and giving positive student responses with a percentage of > 60% on each indicator namely in the category of moderate, good, and very good. So it can be concluded that the number theory textbooks based on direct instruction are of good quality

References

Anori, S., Putra, A., & Asrizal. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(April), 104–111.

Aprilliana, Y. C., & Munoto. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Zooming User Interface (ZUI) Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI TAV SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 87–93.

Fatmahanik, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbasis Macromedia Flash. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 100–107.

Hautauruk, A., & Panjaitan, S. (2015). Desain Model Pembelajaran Aktif Berbasis Bahan Ajar pada Mata Kuliah Teori Bilangan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Univ. HKBP Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP UHN, 2(1), 59–64.

Helnia, Laurens, T., & Tamalene, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi BentukAljabar Menggunakan Model Problem Based Learning. Musamus Journal of mathematics Education, 3(1), 1–7.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (1st ed.; H. Al Surkief, ed.). Jember: Pena Salsabila.

Julianingsih, D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 20–37.

Mahmudah, W., & Triyana, I. W. (2018). Pengembangan Buku Ajar untuk Mendukung Pembelajaran Model Think-Pair-Share pada Mata Kuliah Teori Bilangan. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 77–83.

Mariamah, & Diana, N. (2015). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Teori Bilangan Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Taman Siswa Bima Tahun Akademik 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 5(2), 1–13.

Muttakin. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Yang Multikonsep Pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 12–18.

Nieveen, N., Plomp, T., Gustafson, K., Branch, R. M., & Akker, J. Van Den. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nurafni, Miatun, A., Khusna, H., & Jusra, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Induksi Matematika Dan Teori Binomial Berbasis Pembuktian. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 89–108.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111-120.

Sari, R. F., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Dengan Animasi Berbasis Flash Pada Kubus dan Balok. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 43–53.

Sulaiman, R., & Kurniasari, I. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Number Theory Untuk Mahasiswa Kelas Internasional. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 19(1), 51–57.

Yulistiana, Renaldi, A., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.

Yuza, A., & Darwianis. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika II. UNES Journal of Education Scienties, 1(1), 90–106.

Published
18-11-2021
How to Cite
Julianingsih, D., & Widayanti, E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Teori Bilangan Berbasis Direct Instruction. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(1), 17-29. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i1.3838