Pengaruh Mata Kuliah Peminatan EduPreneur Terhadap Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

  • Betri Wendra Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan-UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lisa Ariani Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan-UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yusmarni Yusmarni Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan-UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Edupreneur; jiwa kewirausahaan, Edupreneur; Entrepreneurial Spirit

Abstract

Abstrak: Tulisan ini merupakan bagian dari penelitian kuantitatif menggunakan metode asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dimana ada 27 mahasiswa program studi Tadris Matematika angkatan 2018 yang mengambil mata kuliah peminatan Edupreneur. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Analisis pada penelitian ini menggunakan Person Product Moment. Korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai  sebesar 0,636. Tahapan uji hipotesis dilakukan dengan menafsirkan besaran koefisien korelasi, dalam hal ini menggunakan uji t diperoleh nilai  sebesar 4,04. Adapun nilai  pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,06. Sedemikian sehingga  lebih besar dari . Jadi  ditolak atau  diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh mata kuliah peminatan Edupreneur terhadap Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Abstract: This paper is part of a quantitative research using associative method. The sampling technique used was Total Sampling by taking all the population as samples where there were 27 students of the 2018 department of Tadris Mathematics who took Edupreneur specialization courses. Data collection techniques were carried out using questionnaires and interviews. The analysis in this study uses the Person Product Moment. Pearson Product Moment correlation obtained  value of 0.636. At the hypothesis testing stage by interpreting the magnitude of the correlation coefficient using the t test, the value is 4.04. The value of . at the 5% significance level is 2.06. Such that  is greater than .. So  is rejected or  is accepted, in other words, there is an influence of the Edupreneur specialization course on the Entrepreneurial Spirit at department of Tadris Mathematics of the State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

References

Ali Muhson, dkk. 2012. Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia: 8(1).
Anwar Prabu M. 2013. Menajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Bambang Suroto, N. F. 2016. Identifikasi Jiwa Kewirausahan Mahasiswa. Jurnal Benefita, 154-162.
Basrowi. 2011. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Badan Pusat Statistika (BPS). 2019. Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. No. 91/11/Th. XXII.
Buchari Alma. 2013. Kewirausahaan Bandung: Alfabeta.
Christianingrum, & Rosalina, E. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen, Akuntansi Dan Sosiologi, Universitas Bangka Belitung). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis: 1(1), 11.
Fatimah, S. 2014. Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Muda Dalam Pembelajaran Ekonomi Criksestra. Jurnal Pendidikan dan kajian Sejarah. 3(4).
Fitri Nurjannah. 2020. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas IAIN Metro.
Garjito, Dany. 2014. Berani Berwirausaha. Yogyakarta: Akmal Publishing.
Effa Laila Ghurfiana. 2018. pengaruh mata kuliah pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hartanti. 2008. Menajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK 4 Yogyakarta. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.
Kemendiknas. 2011. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Muhardi. 2014. Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Ekonomi UNISBA, 20(4), 478-492
Paramita, D. T. 2017. Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Alam: Studi Kasus pada SMP Alam Ar Ridho Semarang.
Saragih, R. 2017. Membangun Usaha Kreatif. Jurnal Kewirausahaan
Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media: Bandung
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 117-136.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Thomas W. Zimmerer dan Norman. 2005. Scarbrough, Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Erlangga: Jakarta.
Umi Kalsum. 2017. Pengaruh Pengangguran dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 17(1), 87-94.
Published
2022-04-30
How to Cite
Wendra, B., Ariani, L., & Yusmarni, Y. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Peminatan EduPreneur Terhadap Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(2), 77-85. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i2.4232