Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Model Means Ends Analysis Berbantuan Soal Open Ended
Abstract
Abstrak: Kemampuan dalam berpikir kreatif dibutuhkan pada saat melakukan penyelesaian masalah matematis. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model Means Ends Analysis berbantuan soal open ended. Metode penelitian menggunakan Systematic Literatur Review. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dan peninjauan terhadap seluruh artikel terkait dengan kemampuan berpikir kreatif, model Means Ends Analysis, dan soal open ended yang diterbitkan periode tahun 2017-2021. Peneliti me-review 15 artikel terakreditasi dari database Google Scholar. Temuan dalam penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran melalui model Means Ends Analysis berbantuan soal open ended mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis, terlihat dari banyaknya penelitian yang mendukung kemampuan berpikir kreatif matematis dalam model MEA berbantuan soal open ended.
Abstract: The ability to think creatively is needed when solving mathematical problems. The purpose of the study was to examine how students' mathematical creative thinking ability in the Means Ends Analysis model were assisted by open ended questions. The research method uses a Systematic Literature Review. Data collection was carried out through collecting and reviewing all articles related to creative thinking ability, Means Ends Analysis models, and open ended questions published for the period 2017-2021. Researchers reviewed 15 accredited articles from the Google Scholar database. The findings in the study indicate that learning through the Means Ends Analysis model assisted by open ended questions is able to improve mathematical creative thinking ability, as can be seen from the many research studies that support mathematical creative thinking ability in the MEA model assisted by open ended questions.
References
Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open- Ended pada Materi Pecahan. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 33(1), 75–85.
Damayanti, H. T., & Sumardi. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. JRAMathEdu: Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 36–45.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136.
Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Open-Ended. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 201–212. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2116
Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352.
Ismara, L., Halini, & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(9), 213419.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241
Mulasari, M. R., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 358–366.
Nasution, P. R., Surya, E., & Syahputra, E. (2015). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paradikma, 8(3), 38–51.
Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a
Novegitasari, Y., Dwijanto, & Asih, T. S. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantuan E-Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 642–648.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117.
Noviyanti, D., Siswanah, E., & Fitriani, U. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1990
Nurdiana, R., & Asmah, S. N. (2021). Pengembangan Kemampuan Representasi Matematis untuk Meningkatkan Number Sense Siswa melalui Soal Berbasis Open Ended. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 738–748. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.426
Nurhadi, M. (2017). Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. JPPM, 10(1), 89–98.
Nurhayati, N., & Wahyuni, R. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1748
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323–332.
Safitri, N., Mujib, & Nasution, S. P. (2021). Implementasi Means-Ends Analysis dengan Lightening the Learning Climate terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 219–228.
Salehha, O. P., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.
Salim, A., Zubaidah, & Hamdani. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Penyelesaian Soal Open-Ended Materi Statistika pada Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7), 1–8.
Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout : Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106.
Taubah, R., Isnarto, & Rochmad. (2018). Student Critical Thinking Viewed from Mathematical Self-efficacy in Means Ends Analysis Learning with the Realistic Mathematics Education Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 189–195.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533.
Widyastuti, T., Supandi, & Harun, L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Open Ended Berbasis Soal Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234–247.
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142.
Yanti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran MEA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Through Macro Media Flash di Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 42–50.