Pengembangan Liveworksheet Berbasis Contextual Teaching and Learning Sebagai E-LKPD Interaktif pada Materi Logaritma
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap produk E-LKPD interaktif liveworksheets berbasis Contextual Teaching and Learning materi logaritma kelas X. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika materi logaritma kelas X di SMA Jombang masih memanfaatkan bahan ajar berupa buku paket dari salah satu penerbit serta Lembar Kerja Peserta Didik yang tersedia masih dalam bentuk lembaran kertas yang kemudian disalin di buku catatan masing-masing peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Dick and Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi terdiri dari empat jenis yaitu angket untuk ahli materi, ahli media, respon peserta didik dan guru. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media diperoleh kategori sangat layak. Hasil respon guru diperoleh respon sangat baik. Kemudian hasil respon peserta didik diperoleh respon sangat baik.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Citra, R. (2018). Komparasi Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Merangin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 23–31. http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat.edukasia/article/download/68/31/
Mirawati. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i.230.
Noprinda, C. T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index.
Nugraheni, S. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Pada Materi Pengukuran Kelas III SD Negeri Gebangsari 01. Universitas Islam Sultan Agung.
Sholehah, F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Suhartoyo., dkk. (2020). Pembelajaran Kontekstual dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 161–164. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588/7200
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73–84. http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970