Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Literasi Matematika Bernuansa Kearifan Lokal Bugis-Makassar Untuk Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta memperoleh hasil yang valid berdasarkan validitas isi (content validity) terhadap instrument tes literasi matematika berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan melalui formula Aiken V dan merupakan bagian dari penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang terlibat ialah tiga orang ahli, ketiga ahli meninjau validitas isi instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi ahli yang memuat skor penilaian terhadap setiap item soal pada instrumen tes berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan. Adapun Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan analisis validitas isi Aiken V. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 15 item soal yang dikembangkan sebagai produk awal terdapat 6 item dengan keterangan validitas sedang yaitu pada item soal nomor 8,11,12,13,14,15 dan terdapat 9 item soal yang memiliki validitas yang tinggi yaitu pada item soal nomor 1,2,3,4,5,6,7,9,10. Hasil tersebut menunjukan bahwa instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal Bugis-Makassar untuk siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada kelas VII telah memenuhi validitas isi dan layak digunakan dalam mengukur kemampuan literasi matematika siswa.
References
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571
Avwiri, E., & Okey, I. (2023). The Role of Mathematics Knowledge in Advancing Learning of Science in Public Junior Secondary Schools in Rivers States. Asian Journal of Education and Social Studies, 40(3), 28–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v40i3876
Beck, K. (2020). Ensuring content validity of psychological and educational tests – The role of experts. Frontline Learning Research, 8(6), 1–21.
Fawziawati, D. (2022). Numerical Literacy Approach in Mathematics Education in Junior High School. Research and Development Journal of Education, 8(2), 525–535. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13266
Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 266–273. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004
Lukman, H., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Masfufah, R., & Afriansyah, E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Muamar, A., Retnoningsih, A., & Anggraito, Y. (2021). Content validity test on moss plant e-book media with Aiken formula. Journal of Science Education Research, 5(1), 6–13. https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.40359
Musayaroh, T., Yuliana, I. F., & F. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Kimia Berbasis Hots Yang Layak Ditinjau Dari Validitas Isi Oleh Ahli. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3), 243–251. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v10n3.p243-251
Muslimin, T., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar Sebagai Media Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sd. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1195
Nunung, M., & M. (2019). Design and Content Validity Analysis of Physics Test based on Local Wisdom for High School Students. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 602–609. https://doi.org/10.24331/ijere.628426
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
Octafia, D., Supriyadi, S., & S. (2021). Validity and Reliability Content of Physics Problem Solving Test Instrument Based on Local Wisdom. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 46–51. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.43712
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
Pranata, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Budaya Literasi Marematis Siswa SMP Berbasis Karakter dan Budaya Lokal. Wilangan. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 236–244. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.9152
Retnawati, H. (2016). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029
Sa’diyyah, N., Mania, S., & S. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi siswa. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.17-26
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Subagia, I., & Wiratma, I. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–54. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Widodo, P., Rusmawati, D., Mujiasih, E., & Dinardinata, A. (2022). Validitas Isi Skala Integritas Akademik Dosen. Jurnal EMPATI, 11(3), 146–153. https://doi.org/10.14710/empati.2022.35665
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884