Kemampuan Koneksi dan Literasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Mean End Analysis Based on Rotating Trio Exchange

  • Komarudin Komarudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Suherman Suherman University of Szeged
  • Sri Mulyani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Mean end analysis, Rotating trio exchange, MEA-RTE, Connection Ability, Mathematical Literacy Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi dan literasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Designs. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VII SMP Al Huda Jatiagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang mengahasilkan dua kelas yakni, kelas pertama (VII-A) mengaplikasikan model pembelajaran MEA based on RTE dan kelas kedua (VII-B) mengaplikasikan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes postes kemampuan koneksi dan literasi yang berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Oneway Multivariate Analysis of Variance (MANOVA), dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi (2) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan literasi (3) Terdapat pengaruh model MEA based on RTE terhadap kemampuan koneksi dan literasi matematis siswa.

References

Angelina, M., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 383–394.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh blended learning terhadap peningkatan literasi matematika siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743.

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148

Frensista, D., Trapsilasiw, D., & L, N. D. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii a Pada Sub Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Bangun Segitiga Dan Segiempat Di Smp Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012. Jurnal Pancaran, 3(2), 2.

Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Analysis of Students’ Connection Ability and Understanding of Mathematical Concepts.

Heryani, Y., & Eptiani, M. M. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). JP3M (Jurnal Penelitisn Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 171–178.

Hotipah, P., Setiani, Y., & Fakhrudin, F. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1965–1977.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending dan means ends analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352.

Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self- Efficacy Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.473

Lestari, P., Saputri, S. A., & Prihartini, E. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 65–71.

Mansur, N. (2018). Melatih literasi matematika siswa dengan soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Mustika, W., Susilawati, & Gunada, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Sman 1 Lingsar Tahun Ajaran 2017/2018. 4(1).

Mutiarany, J. (2013). Penerapan Two Way Manova dalam Melihat Perbedaan Lama Studi dan Indeks Prestasi Mahasiswa Reguler 2009 berdasarkan Jalur Masuk dan Aktivitas Mahasiswa. Jurnal Sumatra Utara, 7.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari kemampuan koneksi matematika peserta didik. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 311–320.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Paryanto, A., & Kurniasih, N. (2020). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif rotating trio exchange (rte) dan means ends analysis (mea) terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp n 10 purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Prosiding Sendika, 6(2), 55–61.

Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 8–14.

Saputro, R., & Murtiyasa, B. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA 2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2011), 472–481.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33–42.

Sulistyaningsih, D., Waluya, S. B., & Kartono. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2).

Surat, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Apresiasi Matematika dan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal EMASAINS, 8(1), 8–17.

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–6.

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17.
Published
2023-10-31
How to Cite
Komarudin, K., Suherman, S., & Mulyani, S. (2023). Kemampuan Koneksi dan Literasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Mean End Analysis Based on Rotating Trio Exchange. Musamus Journal of Mathematics Education, 6(1), 35-42. https://doi.org/10.35724/musamus journal of mathematics education.v6i1.5538