Penerapan MAPLET Untuk Mandiri Belajar Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Pembelajaran abad 21 melahirkan pergeseran total paradigma belajar siswa. Pergeseran dari siswa yang membutuhkan guru sebagai fasilitator ke arah siswa belajar mandiri, meskipun peran guru masih relatif nampak, tetapi tidak langsung. Untuk membuat siswa SMP tersebut mampu belajar mandiri, perlu media pembelajaran yang mampu juga mendukung sifat kemandirian siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One Group Pre-test Post-Test Desaign. Sampel yang berpartisipasi adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru. Analisis data yang digunakan yaitu melihat persentase setiap kegiatan pembelajaran, dan untuk mengukur pemahaman siswa dengan membandingkan hasil Pre-test dan Post-test. Hasil penelitian menunjukkan penerapan MAPLET dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Selain itu, dengan penerapan MAPLET dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dengan menggunakan Aplikasi ini akan membantu siswa dalam memaksimalkan belajarnya.
References
Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies, 10(3), 16. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16
Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75.
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Brown, A., & Jones, B. (2019). Enhancing Math Learning Through Technology: A Review of Recent Research. Educational Technology Research and Development, 67(321–342).
Endriana, N., Wardi, Z., & Najibatussakinah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Geogebra Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 2(2), 18–24. https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1833
Habibah, U., Murtini, W., & Murwaningsih, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Di Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3(1), 37–49. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap
Johnson, M., & Anderson, L. (2018). Using Maple Software for Interactive Mathematics Learning: A Case Study. International Journal of Technology in Education, 12(4), 143–159.
Kim, S., & Lee, H. (2017). The Role of Constructivist Learning in Online Mathematics Education. Journal of Educational Technology, 5(1), 87–104.
Monalisa, Salmina, M., & Amalia, Y. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika pada Materi SPLDV dengan Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 4 Banda Aceh. 4(1), 86–98.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Turmuzi, M., & Lu’luilmaknun, U. (2023). the Impact of Online Learning on the Mathematics Learning Process in Indonesia: a Meta-Analysis. Journal of Technology and Science Education, 13(3), 694–717. https://doi.org/10.3926/JOTSE.2138
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. Association for Computing Machinery New York, NY, United States, 37(5), 93.