Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan

  • Lujeng Rahayu Anggraini Pendidikan Matematika, FKIP – Universitas Mulawarman
  • Kukuh Kukuh Pendidikan Matematika, FKIP – Universitas Mulawarman
  • Safrudiannur Safrudiannur Universitas Mulawarman
Keywords: Proses Pemecahan Masalah, Pola Bilangan, Process, Problem Solving, Number Patterns

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana siswa kelas VIII SMP memecahkan masalah matematika terkait dengan materi pola bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah tiga siswa dari kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Fokus penelitian adalah proses pemecahan masalah matematika siswa sebanyak empat soal berdasarkan langkah Polya. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan metode think aloud. Analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi terlihat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban pada semua soal. Siswa dengan kemampuan sedang dapat juga terlihat melakukan keempat langkah pemecahan masalah namun hasilnya tidak sebaik siswa dengan kemampuan tinggi. Berbeda dengan keduanya, siswa dengan kemampuan rendah mampu memahami masalah namun mengalami kesulitan dalam merencanakan strategi pemecahan masalah dan melaksanakan strategi tersebut. Selain itu, siswa berkemampuan rendah cenderung tidak melakukan pemeriksaan ulang

Abstract: This research aims to investigate how eighth-grade students solve mathematical problems related to the topic of number patterns. The research method employed is think aloud. Three students with different mathematical achievements (high, mid, low) participated in the study. The research focuses on students’ mathematical problem-solving processes based on Polya stages. Data collection involves written tests (four problems) and the think-aloud method. Data analysis includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research findings indicate that the student with high achievements are capable of following the four problem-solving steps by Polya, namely understanding the problem, planning a solution, executing the plan, and reflecting the answers. The student in the mid achievements also can complete the four steps. Different from them, we did not see that the student with low achievement did a reflection to his answers.

References

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Agustina, N., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1. 2012

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Agustina, N., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1. 2012

Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 92.

Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Didaktika, 1(2), 231. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2. 36538

Lutfiya, L., Sumardi, H., & Siagian, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Mathematics Education. 2(2), 134-146

Mahanani, L. G., & Murtiyasa, B. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis Timss Pada Siswa SMP Kelas VIII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9.

Purnomo, D. (2018). Pola Dan Perubahan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematis. Malang: Media Nusa Creative.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Safrudiannur & Rott, B. (2019). The different mathematics performances in PISA 2012 and a curricula comparison: Enriching the comparison by an analysis of the role of problem solving in intended learning processes. Mathematics Education Research Journal, 31(2), 175-195. https://doi.org/10.1007/s13394-018-0248-4

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358–368.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wagiran. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 138.

Published
2024-11-11
How to Cite
Anggraini, L., Kukuh, K., & Safrudiannur, S. (2024). Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan. Musamus Journal of Mathematics Education, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.35724/musamus journal of mathematics education.v7i1.6110