Sistem Informasi Arsip dan Administrasi Persuratan Berbasis Web pada Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

  • Nahdi Saubari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Windarsyah Windarsyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: sistem informasi, surat, persuratan, arsip, web

Abstract

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin merupakan salah satu Universitas baru yang ada di Kalimantan Selatan yang mana masih terus mengembangkan sistem dan teknologi informasi yang dimilikinya. Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah dengan mengantisipasi sistem arsip dan administrasi persuratan yang masih dilakukan secara manual,  yaitu dengan menyimpan fotocopy surat di dalam box penyimpanan. Tentu saja ini menjadi masalah yang sangat besar jika jumlah surat yang disimpan setiap harinya akan selalu bertambah dan membuat tempat penyimpanan akan memakan tempat yang sangat banyak. Sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan akan dokumentasi dan administrasi dokumen surat menyurat di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat mengakomodir akan kebutuhan tersebut. Untuk menghasilkan  perancangan sistem, digunakan metode pengembangan sistem SDLC, dimulai dari pengumpulan data, analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan berbasis web. Hasil penelitian memungkinkan  sistem yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan harapan bagian Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Banjarmasin serta dapat mengifisienkan pekerjaan bagian Administrasi Umum Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

References

[1] H. T. SIHOTANG, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2019, doi: 10.31227/osf.io/bhj5q.
[2] siska wahyu kartika Sari, “Sistem informasi penglolaan surat masuk dan surat keluar pada unit pelaksanaan teknis taman kanak-kanak dan sekolah dasar kecamatan pringkuku,” vol. 9330, no. 1, pp. 82–88, 1979.
[3] Y. S. Dwanoko, “Implementasi Software Development Life Cycle ( Sdlc ) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat,” J. Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 83–94, 2016.
[4] N. D. Arizona, “Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web,” Cybernetics, vol. 1, no. 02, p. 105, 2017, doi: 10.29406/cbn.v1i02.745.
[5] P. C. Rahayu, N. Hartono, and N. D. Indraputra, “Perancangan Sistem Informasi Untuk Produksi Ramping Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan Metode SDLC,” no. May 2017, 2019.
[6] I. G. S. Widharma, “Perancangan Simulasi Sistem Pendaftaran Kursus Berbasis Web Dengan Metode Sdlc,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 38, 2017, doi: 10.31940/matrix.v7i2.527.
[7] A. A. Sofyan, P. Puspitorini, and M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC ( System Development Life Cycle ),” J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2016.
[8] G. Purnama Sari, J. Marzal, and dan Mauladi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persuratan Dan Disposisi Elektronik Universitas Jambi,” JUSS (Jurnal Sains dan Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 20–29, 2018.
Published
10-03-2020
Section
Articles