Sistem Informasi Pendaftaran Servis Sepeda Motor Dan Mobil Suzuki Berbasis Web Pada Dealer Pt.Sumber Makmur Papua Jaya
Abstract
PT. Sumber Makmur Papua Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan jasa servis sepeda motor dan mobil merk suzuki. Adapun sistem pendaftaran antrian servis kendaraan bermotor dalam pencatatannya masih dilakukan secara manual dan konvensional yaitu pelanggan datang langsung ke dealer untuk antri daftar servis kendaraan bermotor, sehingga mengakibatkan antrian yang panjang dan memakan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat membantu dalam mempermudah proses antrian pendaftaran servis kendaraan bermotor. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode studii literatur, wawancara dan observasi. Perancangan sistem menggunakan Microsoft visio, Data Flow Diagram (DFD) dan flowchart. Bahasa pemograman mengunakan hypertext preprocessor (PHP) dan Hyper Text Markup Language (HTML). Tools dan editor yang digunakan MySQL, adobe dreamweaver CS6 dan XAMPP. Pengujian sistem menggunakan metode black box, kuesioner dan User Acceptance Test (UAT). Hasil dari pengujian menggunakan black box, User Acceptance Test (UAT) dan kuesioner didapat dari penyebaran kuesioner ke 20 responden. Bahwa sistem informasi ini mampu mengatasi masalah dalam proses antrian servis kendaraan dengan tingkat kepuasan 94% sangat menarik dari sisi Pelanggan, 92% sangat mudah dari sisi admin dan karyawan, maka diusulkan Sistem Informasi Pendaftaran Servis Sepeda Motor Dan Mobil Suzuki Berbasis Web Pada Dealer PT. Sumber Makmur Papua Jaya.
References
[2] A. Hartanto and B. cahya Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Dan Servis Pada Iyan Motor Berbasis Object Oriented,” J. IDEALIS, vol. 1, pp. 178–184, 2018.
[3] M. F. A. Luthfie and J. Sutrisno, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Servis Aksesoris Motor Berbasis Web Pada Auto39 Bike Shop Menggunakan Unified Modeling Language,” I D E a L I S, vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2019.
[4] A. Supriatna and A. Ratnasari, “Analisa Dan Perancangan Sistem Infromasi Servis Mobil Dan Penyediaan Mekanik Pada Sony Otomotif,” Jukomika - (Jurnal Ilmu Komput. Dan Inform., vol. 2, no. 6, pp. 223–231, 2019.
[5] B. R. Udmi Annidah, L. A. Prasetyo, and P. Astuti, “Perancangan Sistem Informasi Servis Motor pada Bengkel Arif Motor,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 2, no. 01, pp. 68–75, 2021.
[6] P. A. Palita, M. R. Katili, and S. Olii, “Pengembangan Sistem Informasi Layanan Servis Mobil Berbasis Android,” Jambura J. Informatics, vol. 2, no. 2, pp. 73–85, 2020.
[7] A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, I. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
[8] A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, III. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2008.
[9] A. Kasastra, Pengertian, contoh dan simbol flowchart. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.
[10] G. H. D. W. S. H. 2018) Bodnar, “Simbol-Simbol Flowchart dan ERD,” Sist. Inf., vol. 1–6, p. 3, 2018.
[11] A. S. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Infromatika, 2013.
[12] Andi, Dreamweaver CS5 PHP-MySQL, 1st ed. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2011.
[13] Galeh Fatma Eko Ardiansa Rakhmadhany Primananda Mochammad Hannats Hanafi “Manajemen Bandwidth dan Manajemen Pengguna pasa Jaringan Wireless Mesh Network dengan Mikrotik,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 11, pp. 1226–1235, 2017.
[14] Dirja Nur Ilham, “Implementasi Metode Simple Queue dan Queue Tree untuk Optimamasi Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer di Politeknik Aceh Selatan,” J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 43–50, 2018.






