SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KOMODITI UNGGULAN PADA DAERAH PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Gerzon J. Maulany
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Black Box

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat suatu perangkat lunak yang dapat membantumemberikan pertimbangan bagi pengambil keputusan dalam menentukan prioritas komoditiunggulan yang cocok dan layak dikembangkan pada suatu daerah agroindustri.  Penelitian dilaksanakan dengan merancang aplikasi yang dibangun menggunakanbahasa pemrogram komputer dan menerapkan prinsip pengembangan sistem denganmenerapkan metode pengambilan keputusan pemilihan alternatif terbaik dari kriteria-kriteriatertentu yaitu Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian dilakukan dengan menentukannilai bobot kriteria dengan menentukan tingkat kepentingan nilai bobot kriteria yang satuterhadap nilai bobot kriteria lainnya dan melakukan penilaian masing-masing alternatif yangtersedia terhadap masing-masing kriteria yang ada. Pengolahan selanjutnya dilakukannormalisasi terhadap hasil penilaian nilai kriteria terhadap alternatif yang ada dan hasilnya dijumlahkan untuk mendapatkan nilai preferensi setiap alternatif, alternatif dengan nilaipreferensi terbesar adalah alternatif yang memiliki nilai paling baik untuk dipilih danditerima. Hasil pengujian dilakukan dengan metode black box dan Acceptance testing kategoriperformance dan telah berhasil melewati pengujian-pengujian tersebut, sehinggafungsionalitas dari sistem yang diharapkan telah berjalan dengan baik.
Published
10-08-2013
How to Cite
Maulany, G. (2013). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KOMODITI UNGGULAN PADA DAERAH PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). MUSTEK ANIM HA, 2(2), 147-155. Retrieved from https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mustek/article/view/179